Upacara Unik HUT RI di DIY, Ada yang Kibarkan Bendera di Samudera

Di Daerah Istimewa Yogyakarta ada upacara peringatan HUT RI dengan cara unik yakni mengibarkan bendera di samudera dan sungai lo, Millens. Wah, seperti apa?

Upacara Unik HUT RI di DIY, Ada yang Kibarkan Bendera di Samudera
Upacara bendera di Pantai Baron. (Liputan6)

Inibaru.id – Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia selalu diwarnai dengan berbagai acara unik. Upacara peringatan pun didesain seunik mungkin seperti yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada 17 Agustus besok, SAR Satlinmas akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di atas air.

Pantai Baron menjadi salah satu tempat upacara tersebut. Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Marjono mengatakan, pengibaran bendera di samudera ini sudah enam kali diadakan. Di tahun ketujuh ini, Pantai Baron dipilih menjadi tempat untuk mengibarkan bendera Merah Putih di atas air.

“Tanggal 17 pukul 10.00 WIB ada pengibaran bendera di samudera,” ungkap Marjono seperti ditulis laman Liputan6, Jumat (16/8/2019).

Penuturan Marjono, upacara bendera di samudera ini selalu diikuti ratusan peserta. Mereka yang pengin mengikuti upacara ini mesti mendaftar dahulu di posko yang sudah disediakan. Mereka juga mesti memberikan konfirmasi sebelum 16 Agustus 2019.

“Pendaftaran Upacara Unik HUT RI di Posko SAR Pantai Baron dan konfirmasi sebelum 16 Agustus 2019, dan jangan lupa membawa baju pelampung. Harus ikut technical meeting juga pukul 07.30 WIB ” terangnya.

Selain di Pantai Baron, upacara pengibaran bendera di atas air juga bakal dilaksanakan di Sungai Winongo. Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) rencananya akan mengadakan upacara 17 Agustus 2019 di sungai yang terletak di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

“Ini kali pertama bagi kami sekaligus memperingati 10 tahun FKWA. Tujuannya supaya kita semakin menyatu dengan sungai. Selesai upacara akan kita lanjtukan dengan kegiatan bersih sungai,” jelas Ketua FKWA DIY Endang Rohjiani.

Mereka memilih Sungai Winongo karena lokasinya yang dekat dengan sekretariat FKWA. Upacara ini rencananya akan dihadiri sekitar 60 orang meliputi pencinta lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Dilaksanakan tepat pukul 7 pagi, setelah itu lanjut merti kali di titik 3 FKWA. Terus tanggal 24-25 Agustus kami ada Jambore Sungai 4 di Laguna Depok Bantul dengan tema Sungai Kita Wajah Kita,” kata Endang.

Wah unik dan kreatif banget ya, Millens! Di daerahmu ada upacara unik apa nih? (IB18/E04)