Untuk Pemula, Teknik Hidroponik Populer yang Bisa Dilakukan di Rumah

Untuk Pemula, Teknik Hidroponik Populer yang Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi hidroponik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sebelum menutuskan untuk bercocok tanam dengan hidroponik, ada berbagai teknik yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Dua jenis teknik hidroponik populer ini dikenal luas karena sangat bisa dilakukan di rumah. Apa saja?

Inibaru.id – Bercocok tanam kini menjadi hal yang semakin diminati kala masyarakat punya banyak waktu luang di rumah. Salah satu teknik yang sedang dilirik banyak orang adalah hidroponik. Yap, teknik bertanam dengan media air bernutrisi ini cocok bagi mereka yang punya lahan terbatas.

Karena nggak menggunakan media tanam berupa tanah, metode ini membutuhkan lahan yang lebih kecil. Hidroponik juga semakin berkembang semenjak diperkenalkan oleh Dr WF Gerickie dari Universitas California.

Menanam dengan metode ini juga mempersingkat masa tanam dengan memperhatikan intensitas cahaya, suhu, serta pemberian nutrisi.

Bagimu yang pengin mencoba, ada beberapa teknik hidroponik populer yang perlu kamu tahu, nih. Apa saja?

Nutrient Film Technique (NTC)

Ilustrasi NTC. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi NTC. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Teknik ini merupakan teknik yang paling populer digunakan oleh masyarakat. Cara menanam dengan teknik NTC cukup mudah lo, Millens! Siapkan pipa atau talang, pot, dan pompa. Kemudian, lubangi pipa sesuai pot dengan jarak yang sama.

Selanjutnya, siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah, lalu pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi. Konsep dasar dari teknik ini adalah menanam akar pada laipsan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sistem sirkulasinya.

Teknik Wick

Pertanian palawija dengan sistem wick di Kota Semarang. Sumbu yang berada di bawah tanaman berfungsi mengalirkan air ke media tanam. (Inibaru.id/ Audrian F)
Pertanian palawija dengan sistem wick di Kota Semarang. Sumbu yang berada di bawah tanaman berfungsi mengalirkan air ke media tanam. (Inibaru.id/ Audrian F)

Selain NTC, teknik ini nggak kalah terkenal, lo. Teknik wick atau atau sering juga disebut semi-hidroponik banyak disukai karena bahannya yang murah serta mudah didapat, bahkan bisa menggunakan bahan bekas.

Alat dan bahan yang perlu kamu siapkan adalah botol air mineral, sumbu kompor, air nutrisi, alat pemotong dan alat untuk melubangi (solder atau paku).

Untuk membuatnya, potong botol menjadi dua bagian kemudian lubangi tutupnya. Pasang sumbu kompor pada bagian tutup botol. Gabungkan kedua bagian botol yang sudah terpisah dengan memasukkan moncong (kepala) botol ke dalam bagian badan botol.

Beri air nutriasi pada badan botol dan pastikan sumbu bisa menyerap air dengan baik. Tanam benih dengan sedikit tanah pada bagian moncong botol.

Cukup mudah dan sederhana kan, Millens? Jadi kamu pengin menanam dnegan teknik yang mana nih? (IB27/E03)