Melaju ke Final Piala Dunia, Kroasia Catat Sejarah Baru

Melaju ke Final Piala Dunia, Kroasia Catat Sejarah Baru
Timnas Kroasia catat sejarah baru. (Liputan6.com)

Kroasia melaju ke final Piala Dunia 2018 usai menumbangkan Inggris 2-1 di babak semifinal pada Kamis, (12/7/2018) dini hari WIB. Ini adalah kali pertamanya Kroasia masuk ke babak final Piala Dunia.

inibaru.id - Hasil mengejutkan datang dari timnas Kroasia, setelah mengalahkan Inggris 2-1 di babak semifinal Piala Dunia yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Rusia pada Kamis (12/7/2018). Dengan keunggulan tersebut, Kroasia berhak melaju ke babak final Piala Dunia 2018 menghadapi Prancis yang terlebih dulu merebut tiket final. Ini merupakan capaian tertinggi Kroasia selama mengikuti Piala Dunia.

Kendati sempat tertinggal terlebih dulu melalui tendangan bebas Kieran Trippier pada menit kelima, gol Ivan Perisic pada paruh kedua dan sontekan Mario Mandzukic di babak tambahan, memastikan Kroasia meraih kemenangan 2-1 atas Inggris seperti ditulis Goal.com, Kamis (12/7/2018). Kroasia tampil prima pada pertandingan tersebut meski harus bermain lebih dari 120 menit.

Untuk melaju ke putaran final Piala Dunia 2018, Kroasia harus bersusah payah. Dari 10 pertandingan di babak kualifikasi, Kroasia mampu mencatat 6 kemenangan, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah. Bahkan, pada Piala Dunia kali ini pelatih Kroasia Ante Cacic dipecat lantaran hasil babak kualifikasi kurang memuaskan.

Beruntung, Zlatko Dalic diangkat sebagai pelatih Kroasia hingga dia mampu membawa skuat Vetreni merebut tiket play off ke Rusia setelah mengalahkan Yunani 4-1 pada laga I play off di kandang sendiri. Atas perolehan yang didapat, Kroasia menjadi negara ke-13 yang sukses mencicipi atmosfer Piala Dunia.

Hingga kini, Modric dan kawan-kawan harus fokus dan tampil prima untuk melanjutkan perjuangan di partai puncak Piala Dunia 2018. Kroasia bakal dijamu Prancis pada pertandingan pamungkas yang bakal digelar di Stadion Luzhniki, pada Minggu (15/7/2018) pukul 22.00 WIB. Wah, siapa nih yang bakal keluar jadi juara? (IB11/E04)