UNS Surakarta Siapkan Rp 2 Miliar untuk Beri Pulsa Gratis ke Mahasiswa

UNS Surakarta Siapkan Rp 2 Miliar untuk Beri Pulsa Gratis ke Mahasiswa
UNS bagi-bagi pulsa gratis untuk mahasiswanya. (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan pulsa gratis kepada mahasiswanya untuk menunjang kuliah daring. UNS menyiapkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk keperluan tersebut.

Inibaru.id – Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) membagikan pulsa gratis bagi para mahasiswanya. Hal ini ditujukan untuk mendukung perkuliahan jarak jauh yang dilakukan secara daring selama adanya pandemi virus corona.

Sejak 16 Maret 2020, UNS Surakarta memang memberlakukan kuliah jarak. Nggak hanya perkuliahan biasa, ujian skripsi, tesis, dan disertasi pun dilakukan secara daring. Karena itu, para jajaran petinggi UNS berinisiatif memberikan pulsa gratis untuk seluruh mahasiswa baik sarjana, magister, hingga doktoral demi menunjang kegiatan tersebut.

Tiap mahasiswa akan ditransfer pulsa sebesar Rp 50 ribu. Namun sebelumnya, para mahasiswa diminta untuk mengisi nomor telepon aktif sekaligus provider yang digunakan di sistem pelayanan akademik milik UNS.

“Pembagian pulsa langsung dari provider ke mahasiswa. Proses pengirimannya mulai awal sampai akhir April. Kami sudah menyiapkan dana sekitar Rp 2 miliar untuk ini,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UNS Prof Ahmad Yunus.

Yunus menambahkan, saat ini pihaknya sudah mulai membagikan pulsa ke mahasiswa. Namun, pembagian tersebut nggak bisa serentak sehingga harus antre.

“Transfer pulsa hanya 100 orang per jam sehingga harus antre,” tukasnya saat dihubungi reporter Inibaru.id lewat aplikasi pesan instan.

Pembagian pulsa ini dikonfirmasi salah seorang mahasiswa UNS Nada Sintya Anisa. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi itu mengaku sudah mendapat pulsa tersebut.

“Betul. Tadi siang pulsanya sudah masuk. Alhamdulillah lumayan buat bantu-bantu,” terang perempuan asal Jakarta itu.

Meski demikian, sebagian mahasiswa lainnya masih belum mendapatkan pulsa. Salah seorang yang mengalaminya adalah Ainidya Marhaenita. Perempuan yang biasa disapa Nidya ini mengatakan belum menerima bantuan pulsa tersebut.

“Iya, aku tahu ada kebijakan itu tapi belum dapat, padahal kuotaku tinggal dikit,” ujarnya.

Wah, semoga pulsanya bermanfaat ya. Kalau di kampus Millens, ada pembagian pulsa atau kuota begini nggak? (Ify Hayati/E05)