Ular Masuk ke Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta, Pertanda Apa?

Ular Masuk ke Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta, Pertanda Apa?
Ular di Keraton Yogyakarta. (Twitter/rahmapt)

Foto ular yang melingkar di sebuah tiang yang ada di Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta dianggap sebagai pertanda akan sesuatu hal. Seperti apa ya tanggapan Keraton terkait hal ini?

Inibaru.id – Masyarakat digegerkan dengan foto ular yang melingkar di sebuah tiang. Masalahnya, lokasi tiang ini bukanlah tempat biasa, melainkan sebuah tiang di Bangsal Magangan yang ada di Keraton Yogyakarta. Ada yang langsung mengaitkan ini dengan berbagai hal mistis atau pertanda buruk.

Pihak Keraton Yogyakarta pun akhirnya angkat bicara. Penghageng Tepas Drawapura Keraton Ngayogyakarta Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat alias Romo Tirun ternyata membenarkan bahwa foto ular tersebut memang diambil di Bangsal Magangan. Tapi, waktu pengambilan foto yang dihebohkan masyarakat sepertinya berbeda dengan yang sebenarnya.

“Bukan (diambil) saat Jumat Kliwon, melainkan pada Jumat, 8 Oktober di Bangsal Megangan,” terang Romo Tirun pada Selasa (20/10/2020).

Saat itu, Keraton memang ada acara, tepatnya haul mendiang Sultan Hamengku Buwono IX.

“Ular yang melingkar itu di Bangsal Megangan di soko guru sebelah utara barat, di pojok melingkar. Di atas umpak, melingkar di situ,” jelas Romo Tirun.

Bangsal Magangan di Keraton Yogyakarta. (Mapio.net)
Bangsal Magangan di Keraton Yogyakarta. (Mapio.net)

Saat ditanya soal jenis apa ular tersebut, Romo Tirun mengaku nggak tahu. Dia hanya sekilas melihat kulit ular berbintik dan memiliki warna kekuningan.

“Warna ularnya ada bintik kekuning-kuningan. Jenisnya tidak tahu. Hanya, sepertinya kayak beras wutah. Kalau keris itu ada beras wutah,” kata Romo Tirun.

Saat sejumlah orang ingin kembali mengecek ular tersebut, sang ular telah pergi. Satu hal yang pasti, Romo Tirun nggak ingin masyarakat mengaitkan kehadiran ular ini dengan hal yang nggak-nggak. Menurutnya, kemunculan ular di keraton, khususnya saat musim hujan, adalah hal yang biasa.

“Ular di sekitar keraton itu banyak. Di tempat saya sering ada ular itu kecil-kecil. Jadi jangan terlalu dihubung-hubungkan dengan hal yang berlebihan. Memang ular di keraton itu sering terjadi,” pungkasnya.

FYI, nih Millens, Bangsal Magangan adalah tempat seleksi bagi abdi dalem prajurit. Sebelum diwisuda, para abdi dale mini akan dikumpulan di tempat tersebut sebelum dibawa ke Kasatrian.

Kalau dilihat-lihat, lokasi Keraton Yogyakarta memang masih asri sehingga ada kemungkinan banyak binatang liar hidup di sana, ya Millens. Jadi, nggak perlu deh mengaitkannya dengan hal mistis. (Kum/IB09/E05)