Ular King Cobra Raksasa Akhirnya Dipulangkan ke 'Rumah’

Ular King Cobra raksasa di Kalimantan yang viral itu kini dipulangkan pemiliknya ke alam terbuka. Sejumlah warga dilanda kecemasan karena hal itu.

Ular King Cobra Raksasa Akhirnya Dipulangkan ke
Made Dwi Sudarman berpose dengan ular king cobra 'raksasa'. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Sempat viral, ular king cobra raksasa di Kalimantan akhirnya dilepas kembali ke alam terbuka. Penemu ular, Made Dwi Sudarmawan melepaskan ular itu pada Jumat (23/3/2018). King cobra raksasa dilepaskan Made setelah dirinya mendapat teguran dari warganet.

Detik.com, Sabtu (24/3), menulis, kehebohan ular tersebut bermula dari unggahan Made di akun Facebook miliknya. Ada sekitar enam foto ular yang dia unggah. Foto tersebut menunjukkan bentuk ukuran si kobra yang raksasa.

“King cobra dari Kalimantan,” tulis Made pada keterangan unggahan foto di jejaring sosial Facebook.

Unggahan itu sontak membuat heboh warganet. Sejumlah pengguna Facebook menegur Made yang terkesan memamerkan ular temuannya itu. Made pun akhirnya buka suara.

"Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Foto ular tersebut bukan bermaksud memviralkan. Ular itu kami amankan karena ular berkeliaran di sekitar pemukiman warga," ujar Made pada Kamis (22/3).

Made kemudian melepaskan ular itu ke habitat aslinya di sekitar perkebunan kelapa sawit pada Jumat (23/3). Dia juga mengabadikan momen pelepasan ular berwarna coklat itu.

"Dokumentasi sesaat sebelum foto ular yang kami unggah kemarin kami lepaskan kembali. Dan sekadar informasi, kami tidak mempunyai akun Instagram," tulisnya dalam unggahan foto di Facebook itu.

Namun, aksi pelepasan ular king cobra raksasa itu menimbulkan keresahan warga. Sejumlah warga khawatir kembalinya ular itu ke alam membahayakan keselamatannya.

Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy, mengatakan king cobra tetap merupakan satwa liar sehingga harus dilepaskan.

"Nggak (berbahaya) lah. Ular itu kan tetap satwa liar. Ia bukan hewan domestikasi seperti kucing, anjing, ayam. Sifat satwa liarnya ini masih ada seperti mencari mangsa di daerah teritorialnya," kata Amir.

Amir menambahkan, ular king cobra merupakan ular yang mempunyai naluri bertahan bukan menyerang. Jadi, ular itu nggak bakal menyerang duluan kalau posisinya nggak dalam bahaya.

Wah, mantep banget ya ularnya tapi warga juga harus hati-hati ya. (ANG/IF)