UKSW Siap Sambut 20 Mahasiswa Peraih Beasiswa OSC Medcom

UKSW Siap Sambut 20 Mahasiswa Peraih Beasiswa OSC Medcom
Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara (tengah) dan jajaran pimpinan UKSW bersama perwakilan OSC Medcom usai melakukan pertemuan terbatas membahas kelanjutan OSC Medcom 2019, Rabu (24/4/2019). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Sebanyak 20 calon mahasiswa peraih beasiswa OSC Medcom yang diterima di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga mulai ditindaklanjuti. Mereka telah ditempatkan di 14 fakultas yang ada di beragam program studi.

Inibaru.id – Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menerima sebanyak 20 calon mahasiswa peraih beasiswa Online Scholarship Competition Medcom.id (OSC Medcom). Kedua puluh mahasiswa tersebut kini sedang dalam masa persiapan untuk mengikuti pendaftaran ulang mahasiswa baru pada Juli mendatang.

Mereka merupakan bagian dari 360 siswa SMA/SMK se-Indonesia yang terpilih menerima beasiswa kuliah S1 di 20 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggulan di Indonesia. Sebagai PTS mitra, UKSW sudah melakukan proses seleksi baik secara daring maupun luring dan menerima 20 calon mahasiswa tersebut.

Calon-calon mahasiswa yang bakal masuk di 14 fakultas di UKSW itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang berasal dari Papua, Lampung, Sulawesi Tengah, Kalimantan, dan Jawa.

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara mengaku berharap banyak kepada para penerima beasiswa OSC Medcom ini. Dia berharap, mereka bisa menjadi agen creative minority yang merupakan pemuda-pemuda kreatif yang bisa membangun bangsa dan masyarakatnya.

“Kami berharap di antara mereka bisa menjadi level-level atas yang kami sebut creative minority itu. Moga-moga selepas dari UKSW di mana pun mereka berkiprah, bisa jadi duta UKSW dan membawa perubahan di masyarakat serta negeri ini supaya menjadi lebih baik,” ujar Semuel.

Perwakilan OSC Medcom melakukan pertemuan bersama jajaran pimpinan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Kendati ini pengalaman pertama UKSW bergabung sebagai mitra OSC Medcom pada 2018, Semuel mengungkap pihaknya sangat antusias dengan program yang digagas media daring Medcom.id tersebut. Tahun ini, UKSW telah memutuskan untuk kembali melanjutkan kerja sama sebagai PTS mitra OSC Medcom 2019.

Terlebih pada 2019 ini, OSC Medcom berencana memperluas jangkauan ke Indonesia bagian timur. Semuel sangat antusias karena selaras dengan program yang sudah dilaksanakan UKSW selama ini.

"Kami senang karena program ini mulai melirik daerah timur. Jadi, saya kira itu komitmen yang baik dan kami memandang itu sangat positif dan sekaligus menguatkan komitmen yang sudah UKSW ambil selama ini, " imbuh Samuel.

Yap, pada 2018 lalu, sudah banyak siswa dari Indonesia bagian timur yang ikut mendaftar beasiswa OSC Medcom. Hanya saja, para peserta yang mendaftar masih didominasi mereka yang tinggal di Jawa.

Kalau kamu juga tertarik mengikuti beasiswa ini, siapkan dirimu mulai sekarang ya, Millens. (Ida Fitriyah/E01)