Tumpukan Batu Misterius Sungai Cibojong Akhirnya Dibongkar

Puluhan batu misterius tersusun secara rapi di sepanjang aliran Sungai Cibojong. Nggak tahu siapa yang membuat, tumpukan batu ini lantas menghebohkan warga. Sebetulnya, apa sih tumpukan batu itu?

Tumpukan Batu Misterius Sungai Cibojong Akhirnya Dibongkar
Tumpukan batu di sepanjang Sungai Cibojong. (Poskotanews.com)

Inibaru.id – Sejumlah tumpukan batu misterius di sekitar Sungai Cibojong menghebohkan warga. Nggak hanya warga sekitar, warganet dari berbagai daerah turut meributkan tumpukan batu tersebut. Alasannya, tanpa diketahui siapa yang membuat, tahu-tahu tumpukan batu tersebut tertata rapi di sepanjang aliran maupun pinggiran sungai. Misterius banget!

Tumpukan batu tersebut ditemukan warga Kamis (1/2/2018) di sungai yang ada di Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sekretaris Desa Jayabakti, Agus Muzamil mengungkapkan, ada warga yang mengaku bahwa melihat tumpukan batu sejak 29 Januari. Tetapi, saat itu baru ada empat tumpukan.

Hingga kini, belum ada yang kepastian tentang siapa pembuat puluhan tumpukan batu tersebut. Alhasil, kesimpangsiuran informasi pun bermunculan. Banyak pula yang mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Mereka menganggap, tumpukan batu seperti ini nggak dibuat oleh manusia.

Ditambah lagi, lokasi sekitar tumpukan batu memang terkenal angker. Dahulu, tempat tersebut disebut dengan Pencelut, yang bermakna tempat siluman. Walaupun keangkerannya semakin memudar, masih ada warga yang menghubung-hubungkannya.

“Ini bisa menimbulkan kemusyrikan. Kalau masyarakat mempercayai adanya kekuatan lain, khawatir menyimpang dari ajaran agama,” kata Camat Cidahu Ading Ismail, seperti dikutip dari Liputan6.com (3/2).

Akhirnya Dibongkar

Isu mistis mengenai tumpukan batu tersebut tidak lantas membuat camat dan pejabat mempercayai hal tersebut. Mereka yakin bahwa tumpukan batu seperti itu dibuat oleh manusia. Apalagi, sudah banyak tumpukan serupa di daerah lain.

Kendati demikian, para pejabat bersama tokoh-tokoh agama mengambil sikap untuk meruntuhkan batu misterius itu. Keputusan ini didorong oleh kekhawatiran tentang musibah yang mungkin terjadi.

“Ini kan sedang musim hujan. Kami khawatir debit air Sungai Cibojong tiba-tiba besar hingga ada yang menjadi korban,” jelas Ading.

Aliran Sungai Cibojong memang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar. Sungai tersebut juga berada dekat pemukiman. Selain itu, aliran sungainya turut digunakan untuk irigasi sawah beberapa desa, termasuk Desa Jayabakti, Desa Pasirdotong, Pondok Kaso, dan Pondok Kaso Tengah.

Agar tidak membahayakan, tumpukan batu misterius tersebut pun dibongkar oleh pejabat Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cidahu.

Meskipun dibongkar, pada akhirnya pembuat tumpukan batu tersebut masih jadi misteri. Hm, gimana menurutmu, Millens? (AYU/SA)