Tumit Kaki Pecah-Pecah Bikin Nggak Pecaya Diri? Lakukan 5 Langkah Ini! 

Tumit Kaki Pecah-Pecah Bikin Nggak Pecaya Diri? Lakukan 5 Langkah Ini! 
Mengatasi tumit pecah-pecah dengan cara yang tepat. (Pexels)

Kamu sering malu buka sepatu lantaran tumit kaki pecah-pecah bikin nggak peraya diri? 5 langkah ini mungkin bisa membantumu 

Inibaru.id – Nggak sedikit yang bilang, keindahan tubuh terletak pada kaki, khususnya tumit. Maka, jangan heran kalau ada yang enggan mengenakan sandal terbuka atau membuka sepatu lantaran tumit yang nggak mulus. 

Yap, tumit retak dan pecah-pecah memang bikin nggak percaya diri. Nggak hanya itu, kondisi tumit kasar itu juga nggak jarang memunculkan rasa takut, berbahayakah bagi kesehatan?

Nah, kalau kamu termasuk orang yang khawatir dengan kondisi kesehatanmu tersebut, lima cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah.

Mengoleskan Pelembap pada Tumit

Gunakan pelembap untuk tumit. (Bustle)<br>
Gunakan pelembap untuk tumit. (Bustle)

Tumit yang pecah-pecah umumnya disebabkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering. Dengan memberi pelembap yang bertekstur tebal, kulit kering yang mengelupas dapat dipulihkan. Nah, pelembap yang memiliki kandungan petroleum bisa kamu gunakan bisa menyembuhkan kondisi tersebut. 

Kenakan Kaus Kaki Sebelum Tidur

Jangan lupa kenakan kaos kaki sebelum tidur. (Thinkstock)<br>
Jangan lupa kenakan kaos kaki sebelum tidur. (Thinkstock)

Mengenakan kaus kaki sebelum tidur ternyata juga bisa memperbaiki tumit kakimu yang pecah-pecah, lo. Manfaat dari kaus kaki yakni memaksimalkan fungsi petroleum dan membuat kelembapan tumit kakimu jadi terjaga.

Oh ya, pastikan kaus kaki yang kamu pakai berbahan katun atau wol yang lembut, ya. Selain nyaman, jenis kaus kaki ini juga menyerap keringat.

Eksfoliasi dengan Rutin

Lakukan eksfoliasi untuk perawatan tumitmu agar nggak pecah-pecah. (Medkomtek)
Lakukan eksfoliasi untuk perawatan tumitmu agar nggak pecah-pecah. (Medkomtek)

Eksfoliasi bisa menjadi salah satu perawatan kulit yang membantu menyembuhkan tumitmu yang pecah-pecah. Perawatan ini dilakukan dengan bantuan sikat tertentu yang disebut eksfoliator.

Eits, tapi kamu harus memastikan eksfoliator yang dipakai mengandung salicylic acid ya. Tambahkan pula foot scrubber untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Jika ini kamu lakukan secara rutin, tumit kamu niscaya mulus lagi.

Lekatkan Plaster Luka

Lekatkan plester jika iritasi. (Sehatly)<br>
Lekatkan plester jika iritasi. (Sehatly)

Plaster bisa menjadi pertolongan pertama yang sangat darurat ketika tumitmu mengalami pecah-pecah en iritasi secara bersamaan. Kamu bisa oleskan plester khusus untuk luka pada permukaan tumit kaki. Biar efektif, ambil kain bersih yang terbuat dari katun untuk membungkus tumit kakimu yang terluka.

Jika Nggak Reda, Segera Berobat ke Dokter

Bawa ke dokter jika tumit yang pecah-pecah nggak kunjung sembuh. (Honestdocs)
Bawa ke dokter jika tumit yang pecah-pecah nggak kunjung sembuh. (Honestdocs)

Jika kamu telah melakukan segala cara tapi tumit kakimu nggak kunjung ada tanda-tanda kesembuhan, segeralah pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Berkonsultasilah dan minta saran agar tumit kakimu cepat pulih. 

Dokter biasanya akan memberimu resep dan saran untuk mempercepat proses penyembuhan.

Tumit kaki pecah-pecah memang bikin nggak percaya diri. Semoga lima langkah tersebut bisa membantumu ya, Millens! (MG26/E03)