Trik Meredam Amarah pada Saat Menjalankan Ibadah Puasa
Amarah sebaiknya diredam saat menjalankan puasa. (womantalk)

Trik Meredam Amarah pada Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Amarah memang bisa timbul dari mana saja. Tapi, kalau datang saat bulan puasa seperti ini, sungguh nggak tepat. Ada beberapa cara meredam rasa marah agar puasa bisa lebih lancar.

Inibaru.id - Semua masalah yang diselesaikan dengan kemarahan nggak akan pernah berakhir baik. Terlebih jika kemarahan itu dilakukan saat puasa. Selain akan menguras banyak energi, dampak lainnya adalah akan menambah dosa dan membuat puasa menjadi nggak berkah.

Maka dari itu, nggak mungki dibiarkan begitu saja dan harus disikapi dong. Nah, berikut ini adalah cara agar kamu nggak mudah marah saat menjalani puasa di bulan suci Ramadan.

Jangan Terlalu Sensi dalam Menanggapi Sebuah Masalah Kecil

Terkadang permasalahan kecil yang sebetulnya sepele namun jika menyentuh sensitivitas hati, hal tersebut bisa bikin marah. Ikhlas dan selalu membuka pintu maaf merupakan kunci agar kamu nggak bersumbu pendek ketika menemui persalahan kecil yang sekiranya menjengkelkan.   

Tenangkan Diri dan Perasaan

Perbanyak mengambil napas panjang di bulan puasa ini. Tindakan tersebut merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri dan perasaan ketika berada di tengah permasalahan yang memicu amarah. Cara ini sudah terbukti efektif, lo. Coba saja kalau nggak percaya.

Hindari Sesuatu yang Memicu Amarah

Selain nggak ambil peduli dengan permasalahan kecil hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menhindari sesuatu yang menimbulkan amarah. Upaya tersebut dinilai bisa melindungimu dari kemarahan. Pada hal-hal tertentu lebih baik kamu menghindari daripada menerjangnya, bukan?

Sebisa Mungkin Mencari Pengalihan Emosi

Kalau kebetulan ada banyak hal yang membuatmu marah, sebaiknya kamu mencoba mencari pengalihan dengan membaca buku, bermain gim, mendengarkan musik atau menonton video-video lucu di Youtube.

Selalu Mengingat Kesucian Bulan Ramadan

Selalu ingat bahwa kamu sedang berada di bulan suci. Bulan penuh berkah, ampunan dan saat di mana kamu harus memanfaatkannya untuk banyak-banyak meraih pahala dengan memperbanyak ibadah. Jadi jika kamu marah, ingat kembali di mana kamu sedang berada.

Wudu

Jangan ragu untuk ambil wudu saat kamu merasa marah. Sensasi dingin air dapat membantu menenangkan jiwa yang sedang panas. Syukur-syukur kalau habis itu kamu baca Alquran atau salat sunah.

Begitulah cara-cara untuk meredam kemarahan di bulan suci Ramadan. Daripada marah, ngaji aja yuk biar berkah. (IB28/E05)