Trik Mengatur Pencahayaan di Tiap Ruangan Rumah

Trik Mengatur Pencahayaan di Tiap Ruangan Rumah
Beda ruangan, beda pencahayaan. (hometipsforwoman via Kompas)

Demi kenyamanan, pencahayaan rumah perlu diatur sedemikian rupa. Nah, biar rumahmu bisa memberi kesan seperti "istana", yuk simak trik pencahayaan berikut ini.

Inibaru.id – Rumahku, istanaku. Begitulah ungkapan yang lazim diucapkan sebagian orang yang mendambakan rumah nyaman pembawa kehangatan.

Bukan cuma harus memperhatikan aspek perabotan dan warna cat dinding yang digunakan, ada lo faktor lainnya yang nggak boleh dilewatkan yaitu pencahayaan di dalamnya.

Dengan pencahayaan yang tepat, ruangan bisa berfungsi dengan baik. Tapi, kamu harus ingat kalau setiap ruangan memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dibutuhkan trik tersendiri. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini!

Ruang Tamu

Luas dan penggunaan furnitur di ruang tamu perlu kamu perhatikan untuk menentukan pencahayaan yang tepat. Jika ruang tamumu cukup luas, lakukan dulu pembagian area. Letakkan pencahayaan sentral yang ada di area tempat berkumpul dengan lampu intensitas sedang supaya kesan hangat tercipta. Tambahkan juga lampu lantai dan lampu meja di setiap sudutnya.

Sementara itu jika ruang tamumu minimalis, cahaya bisa dipantulkan ke arah plafon atau dinding untuk memberikan kesan lebih luas. Kamu bisa kok menggunakan general lighting yang mampu mendistribusikan cahaya dengan lebih merata.

Kamar

Pencahayaan berwarna kekuningan memberi kesan rileks. (Shutterstock/Aquarius Studio via Kompas) 
Pencahayaan berwarna kekuningan memberi kesan rileks. (Shutterstock/Aquarius Studio via Kompas) 

Sebagai ruangan untuk beristirahat, alangkah baiknya pencahayaan di dalam kamar dibuat dengan kesan rileks. Memilih pencahayaan sentral berwarna kekuningan dapat menjadi pilihan untuk memberikan kesan yang diinginkan. Kamu juga dapat memasang dimmer yang bisa mengatur intensitas cahaya sesuai aktivitas.

Butuh suasana kamar yang lebih menyenangkan? Tambahkan saja pencahayaan dekoratif lainnya seperti lampu tumbler, LED berwarna, atau lampu meja yang berperan sebagai cahaya tambahan jika kamar juga berfungsi sebagai area kerja.

Dapur

Pencahayaan dapur sangat penting untuk diperhatikan karena mencakup faktor keselamatan. Tempat untuk aktivitas memasak ini bisa kamu terangi dengan pencahayaan terpusat. Kamu bisa menempatkan task lighting berupa lampu sorot atau halogen di bawah kitchen set yang mengarah langsung ke area kerja.

Selanjutnya, tambahkan lampu gantung jika masih ada area lain di dalam dapur. Namun, jangan memasang lampu yang mengarah pada tempat mobilisasi karena dapat menciptakan bayangan yang mengganggu.

Kamar Mandi

Kamu perlu super-teliti jika hendak menentukan pencahayaan di dalam kamar mandi. Pada dasarnya, kamu bisa lo menggunakan pencahayaan direct pada bagian plafon yang bekerja untuk menerangi seluruh bagian yang ada. Side lighting di bagian pinggir cermin juga bisa kamu tambahkan. Pencahayaan di atas cermin hanya bakal menciptakan bayangan yang dapat menghalangi cahaya yang sebenarnya.

Dengan berbagai trik di atas, semoga kamu bisa mengatur pencahayaan di dalam rumah dengan lebih maksimal ya, Millens? (Mer/IB21/E07)