Viral #TrashChallenge, Tantangan Berfaedah untuk Lingkungan yang Layak Kamu Tiru

Awalnya, tantangan ini hanya untuk mengisi waktu kaum millenials yang sedang dilanda rasa bosan. Namun, ternyata dampak lingkungan yang timbul nggak bisa dianggap remeh. Itulah Trash Challenge.

Viral <em>#TrashChallenge</em>, Tantangan Berfaedah untuk Lingkungan yang Layak Kamu Tiru
Sekelompok orang tengah memunguti sampah untuk mengikuti #trash Challenge. (getty Image)

Inibaru.com - Dibanding dengan tantangan-tantangan lain yang nggak jelas maksud dan tujuannya, trash challenge ini bermanfaat. Yap, tantangan untuk membersihkan sampah di suatu tempat ini tengah viral di sosial media. Tantangan ini mengajak semua orang untuk mengungkapkan rasa cintanya pada lingkungan dengan membersihkan sampah-sampah. Keren nggak tuh?

Pemilik akun twitter @Imzy1991 yang memulai challenge ini. (Twitter/@Imzy)

Cara ikut tantangan ini gampang banget, Millens. Kamu cukup berfoto dengan latar tempat yang penuh sampah kemudian kembali berfoto di tempat yang sama setelah kamu membersihkan sampah-sampahnya. Baru deh kedua foto disandingkan biar terlihat bedanya. Sudah banyak lo yang ikutan challenge keren ini. Berikut adalah keseruan #trashchallenge dari berbagai belahan dunia.

Malaysia

Foto ini diunggah oleh akun D (@deeealan) yang berasal dari Sabah. Terlihat di sana orang beramai-ramai membersihkan pantai. Wah bisa sekalian main air ya, Millens.

 

masyarakat Sabah beramai-ramai membersihkan pantai (twitter.com)

Aksi #trashchallenge dengan memberihkan pantai. (Twitter/D)

Meksiko

Kalau yang satu ini masyarakat di kampung halaman akun @ger__mann di Meksiko yang ikut challenge ini. Seru banget ya kalau bisa ikutan challenge ini bareng orang-orang terdekat.

gerakan#trashchallenge di Meksiko (twitter.com)

Tuh, jadi beda banget ya. Oke banget kerjasamanya. Semuanya bersih. (Twitter/@ger_ _man)

Indonesia

Nggak cuma di luar negeri, ternyata budaya kerja bakti di bangku sekolah dulu juga termasuk dalam #trashchallenge lo. Akun @Rgrpink ini mengunggah foto anak-anak SD berseragam pramuka sedang bergotong royong membersihkan sampah. Duh jadi kangen masa SD ya, Millens.

Anak SD juga ikut challenge (twitter.com)
Kamu pernah nggak ikut kerja bakti kayak gini? (Twitter/@Rgrpink)

Nah kalau yang satu ini adalah masterpiece dari pasukan oranye di DKI Jakarta. Bukan hanya membersihkan sampah saja, mereka juga membuat bangunan dari botol plastik bekas yang mereka dapatkan dari TPST Bantar gebang seperti yang diunggah oleh @dinaslhdki ini.

kicauan dinas lingkungan hidup DKI Jakarta (twitter.com)  rumah dari botol bekas karya pasukan oranye DKI(twitter.com)

Kreatif banget ya para petugas oranye DKI Jakarta. (Twitter/@dinaslhdki)

Seru banget kan? Semoga tantangan ini nggak cuma berhenti menjadi tren semata ya. Yuk agendakan untuk ikut challenge ini!! (IB27/E05)