Minum Kopi di Tempat, Tren Baru Minum Kopi di Melbourne

Di Melbourne, tren minum kopi di tempat sedang menjamur. Hal itu ngetren karena pengunjung dianggap lebih bisa menikmati momen saat meminum kopi langsung di kafenya.

Minum Kopi di Tempat, Tren Baru Minum Kopi di Melbourne
Tren minum kopi di Melbourne, Australia. (Flickr/Ryan Adams)

Inibaru.id – Sebuah tren baru minum kopi muncul di Melbourne, Australia. Bagi masyarakat setempat, kopi dianggap sebagai elemen yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Anggapan ini memunculkan tren baru yakni kopi hanya boleh diminum di kafe dan tidak boleh dibawa pergi. Diprediksi, tren ini akan semakin mendunia.

Kompas.com, Rabu (9/1/2019) menulis, tren minum kopi itu diawali kafe Napier Quarter yang ada di kawasan Fitzroy, Melbourne. Kendati pembeli sudah membawa botol minum sendiri yang bisa dipakai ulang, tetap saja kopi nggak boleh dibawa pulang dan harus dihabiskan di kafe itu, Millens.

“Kami berharap orang-orang bisa menganggap minum kopi di tempat sebagai sebuah kebahagiaan sederhana. Duduklah dan nikmati momen ini,” ucap salah satu pemilik dari Napier Quarter Daniel Lewis.

Duduk sambil menikmati kopi juga dianggap bisa menjadi ajang bersosialisasi dengan pengunjung lainnya. Selain itu, minum kopi di tempat juga lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan wadah atau kemasan sekali buang yang justru membuat sampah semakin menumpuk.

Demi menarik pengunjung, Napier Quarter memilih untuk menurunkan harga kopi dan memberikan bonus bagi pengunjung yang sering minum di kafe mereka.

Budaya Minum Kopi di Melbourne

Masyarakat Melbourne rupanya sudah menikmati kopi sejak Perang Dunia II usai. Orang-orang yang bermigrasi dari Italia dan Yunani membangun bar-bar espresso yang menjadi tempat nongkrong dan minum kopi bagi warga setempat. Kebiasaan itu pun masih hingga sekarang.

Melbourne juga menjadi awal dari tren memakai cangkir kopi yang bisa dipakai berulang kali sesuai dengan standar barista sejak 2007. Kini, cangkir itu telah digunakan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Kalau sobat Millens, lebih suka minum kopi di kedai atau justru membuat sendiri kopi di rumah nih? (IB09/E04)