Tren Baru Ikoy-ikoyan di Instagram, Seperti Apa Cara Mainnya?

Tren Baru Ikoy-ikoyan di Instagram, Seperti Apa Cara Mainnya?
Ilustrasi: Permainan ikoy-ikoyan sedang viral di Instagram. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tren ikoy-ikoyan sedang populer di Instagram. Yang mempopulerkannya adalah selebgram Arief Muhammad. Nah, kira-kira seperti apa sih cara permainannya?

Inibaru.id – Kalau kamu aktif bermedia sosial di Instagram, pasti tahu kalau ada tren terbaru yang sedang viral. Tren tersebut adalah ikoy-ikoyan. Intinya sih, tren ini dilakukan para selebgram, tepatnya berupa memberikan hadiah dengan nilai yang cukup besar. Nah, banyak warganet yang penasaran dengan cara main dari tren ini.

Kalau kamu bingung dengan arti dari ikoy-ikoyan, nggak perlu mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karena memang nggak bakal ada di sana. Istilah “ikoy-ikoyan” ini juga bukan bahasa slang alias bahasa gaul. Maklum, yang mempopulerkannya adalah selebgram Arief Muhammad.

Nah, ikoy-ikoyan ini juga punya istilah alternatif, yakni main ikoy-ikoy. Intinya sih, para selebgram ini mau saling berbagi, khususnya kepada warganet yang sedang membutuhkan.

Awalnya, Arief Muhammad mengunggah sebuah foto di akun Instagram pribadinya @ariefmuhammad pada 1 Juli 2021. Nah, keterangan alias caption dari unggahan ini adalah permainan ikoy-ikoyan. Menariknya, sejak dia sering melakukan permainan ini, banyak rekan-rekannya dari kalangan pengusaha, selebritas, influencer yang akhirnya juga ikut-ikutan memainkannya.

“Awalnya cuma kirim-kirim makanan, itu sudah lama dan berbulan-bulan. Cuma dua hari ini iseng coba kirimin duit,” terang Arief Muhammad, Senin (2/8/2021).

Selebgram Arief Muhammad yang mempopulerkan Ikoy-ikoyan. (Instagram/ariefmuhammad)
Selebgram Arief Muhammad yang mempopulerkan Ikoy-ikoyan. (Instagram/ariefmuhammad)

Nah, karena jadi populer di Instagram, rekan-rekan bisnis Arief Muhammad pun tertarik untuk ikutan bermain. Mereka pun jadi sponsor Arief untuk mengirimkan uang atau berbagai hal lain ke pengikutnya di Instagram secara gratis. Kini, sudah ratusan juta Rupiah telah dia bagikan untuk permainan ini saja.

Saking populernya permainan ini, exposure-nya sangat besar bagi brands serta pengikutnya. Bahkan, Arief Muhammad mengaku sampai menerima pesan langsung (DM) dari pengikutnya saat sedang membagikan uang di permainan ini.

Nah, cara permainan ini sederhana, Millens. Unggahan Instagram Story pertama intinya adalah mengajak pengikut Arief Muhammad menyebut kebutuhannya. Setelahnya, bakal muncul Story-story berikutnya yang mengungkap kebutuhannya jadi story dengan balasan paling banyak. Jadi, ada yang balasannya sampai 1 juta, ada yang 200 ribu, 300 ribu, dan lain-lain.

Biasanya sih, paling banyak balasan Story sampai satu juta, yang Story awal kemudian minta jujur-jujuran. Nah, orang yang mengungkap kebutuhannya dan mendapatkan balasan banyak ini kemudian dikirimi uang.

Sayangnya, meski banyak warganet yang memujinya karena berbagi pada orang-orang yang membutuhkan, sejumlah selebgram justru menuding permainan Ikoy-ikoyan mengajarkan orang lain bermental meminta-minta atau pengemis.

Sebagai contoh, Chelsea Olivia dan Nana Mirdad sampai mengunggah pendapat tersebut di akun media sosialnya. Nana bahkan menyebut permainan ini menghambur-hamburkan uang untuk hal yang nggak penting. Padahal, kondisi pandemi membuat ada banyak orang yang jauh lebih membutuhkan bantuan, dan mereka nggak mungkin bermain sosial media.

Kamu pernah ikutan permainan ikoy-ikoyan ini nggak, Millens? (Det, Kom, Pik/IB09)