Trailer Dua Film dari Novel Pram Resmi Dirilis

<em>Trailer</em> Dua Film dari Novel Pram Resmi Dirilis
Trailer film Bumi Manusia dan Perburuan sudah rilis. (Antara/Dea N Zhafira)

Dua novel Pramoedya Ananta Tour, Bumi Manusia dan Perburuan, kembali diangkat ke dalam film. Kedua trailer film itu sudah dirilis, lo.

Inibaru.id – Dua novel legendaris hasil karya Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia dan Perburuan diangkat ke dalam film. Cuplikan dari dua film ini dirilis bersamaan pada Kamis (4/7/2019) kemarin. Kedua film tersebut disutradarai orang yang berbeda tapi bakal tayang pada waktu yang sama.

Deg-degan rasanya. Seperti premier film sendiri. Saya malah jadi nggak sabar untuk melihat filmnya nanti seperti apa,” ucap pemeran Hardo dalam film Perburuan Adipati Dolken seperti ditulis laman Antaranews, Kamis (4/7).

Meski sama-sama dibuat dari novel karya Pram, bukan berarti film ini akan mirip. Gaya dan pendekatan film yang sama-sama memiliki tema sejarah ini sangat berbeda, baik itu dari sisi teknis maupun dari sisi emosional.

Film Bumi Manusia disutradarai Hanung Bramantyo dengan latar belakang saat masa penjajahan Belanda di Tanah Air. Cuplikan film ini menunjukkan konflik dan dialog yang berlangsung cukup keras dan intens di antara para tokohnya.

Sementara itu, film Perburuan yang digarap sutradara Richard Oh memiliki latar belakang saat masa penjajahan Jepang. Cuplikan film ini terlihat memiliki nuansa jauh lebih gelap.

Pemeran Bumi Manusia adalah Iqbaal Ramadhan, Mawar De Jongh, Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Christian Sugiono, serta Donny Damara. Sementara itu, Perburuan dibintangi Adipati Dolken, Ayushita, Ernest Samudra, Egy Fedly, dan lain-lain.

Iqbaal Ramadhan mengaku harus belajar banyak hal demi memerankan tokoh utama Minke dalam film Bumi Manusia. Nggak hanya belajar makan sambil duduk di lantai dan berlatih Bahasa Jawa dan Belanda, Iqbaal sampai membaca buku-buku kesukaan Pram seperti Max Haveelar hasil karya Multatuli selama dua bulan demi mendalami tokoh Minke.

Sementara itu, Adipati mengaku merasakan beban berat untuk memerankan Hardo di film Perburuan. Dia bahkan sampai berlatih ilmu bela diri Kendo khas Jepang demi memerankan tokoh yang diceritakan sebagai anggota PETA.

Wah, penggemar Pram bakal bingung nih pilih nonton film yang mana? Eh, nonton keduanya juga boleh kok. He-he. (IB09/E04)