Tontowi-Liliyana Jadi Ganda Campuran Terbaik Dunia

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir akhirnya menjadi ganda campuran peringkat pertama di dunia. Sebelum ini, ganda campuran Indonesia itu menduduki peringkat ketiga setelah dua pasangan Tiongkok.

Tontowi-Liliyana Jadi Ganda Campuran Terbaik Dunia
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Badmintonindonesia.org)

Inibaru.id – Badminton World Federation (BWF) resmi menempatkan pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di peringkat pertama, dilansir dari bwfbadminton.com, Kamis (3/5/2018). Pasangan ini mendapatkan peringkat itu setelah lolos ke babak perempat final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2018 yang diselenggarakan pada 24-29 April lalu.

Sebelum menempati peringkat pertama, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu menempati peringkat ketiga pada tahun 2017, di bawah dua pasangan Tiongkok Zheng Siwei/Chen Qingchen dan Lu Kai/Huang Yaqiong. Dengan total 76.270 poin, Tontowi/Liliyana menggeser Zheng Siwei/Chen Qingchen yang turun ke peringkat empat.

Merasa bangga, Liliyana mengunggah foto dirinya bersama Tontowi di Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, keduanya kompak mengenakan kostum tim bulu tangkis Indonesia.

Akhirnya (menjadi peringkat 1) setelah hampir 8 tahun pacaran, eh, partneran maksudnya. Bosen juga, sih, sebenarnya punya partner kayak Tontowi Ahmad,” tulis perempuan kelahiran Manado, 9 September 1985 itu.

Unggahan itu pun langsung dibanjiri komentar dari warganet. Mereka memberikan ucapan selamat dan pujian kepada ganda campuran Indonesia itu.

Selain mendapat ucapan selamat dari warganet, pasangan ini juga diapresiasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) sekaligus Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wiranto. Melalui akun Twitter pribadinya, Wiranto mengunggah foto Tontowi dan Liliyana yang meraih medali emas pada Olimpiade Rio 2016 silam.

“Selamat kepada Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang hari ini resmi menyandang peringkat pertama ganda campuran berdasarkan peringkat BWF,” tulis Wiranto dalam unggahannya.

Selain Owi/Butet, ganda putra Indonesia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya juga menempati peringkat satu dunia. Pasangan yang dijuluki "Upin Ipin" itu bahkan konsisten memuncaki peringkat dunia sejak Maret 2017 lalu.

Wah, keren! Selamat Owi/Butet, semoga pasangan ini bisa mempertahankan peringkat itu hingga nanti! (IB15/E04)