Tom Cruise, Aktor Pertama yang Raih Penghargaan Pioneer of the Year

Tom Cruise diganjar penghargaan Pioneer of the Year pada gelaran CinemaCom yang diselenggarakan di Las vegas pada 25 April lalu, Aktor Hollywood itu dinilai banyak memberi kontribusi dalam filantropi untuk para pekerja industri perfilman.

Tom Cruise, Aktor Pertama yang Raih Penghargaan Pioneer of the Year
Tom Cruise menjadi aktor pertama yang meraih penghargaan Pioneer of the Year (Edmontogazette.com)

Inibaru.id – Tom Cruise menjadi aktor pertama yang dinobatkan sebagai Pioneer of the Year. Cruise menerima penghargaan tersebut dari Will Rogers Motion Picture Pioneers Foundation pada acara CinemaCon di Caesars Palace, Las Vegas, Rabu (25/4/2018).

Aktor kawakan itu diberi penghargaan dari Will Rogers Motion Picture Pioneers Foundation (WRMPPF) karena dianggap mewakili tujuan organisasi, yakni menghormati kepemimpinan, layanan, dan komitmen para profesional film terhadap filantropi.

WRMPPF adalah yayasan yang berdiri sejak tahun 1951 di Los Angeles, California, dengan tujuan utama memberi bantuan finansial bagi pekerja industri perfilman. Bantuan ini bisa berupa perawatan medis, asuransi kesehatan, kebutuhan peralatan medis, hingga biaya pemakaman, dilansir dari Wrpioneers.org, Jumat (28/4).

“Kami senang mengetahui Cruise layak menerima penghargaan ini. Kontribusi Cruise terhadap dunia perfilman baik sebagai aktor maupun produser, termasuk dukungannya yang besar untuk komunitas pertunjukan, telah menjadikannya pelopor sejati dalam bidang film” tutur Presiden WRMPPF Kyle Davis.

Variety.com Rabu (25/4), menulis, menanggapi pencapaiannya, aktor kelahiran Syracuse, New York ini mengaku film telah menjadi napas sejak dia masih kecil.

“Saya tumbuh untuk film dan saya sudah punya keinginan untuk membuat film sejak usia saya baru 4 tahun. Saya benar-benar bangga menjadi bagian dari keluarga ini. Kami saling peduli satu sama lain, itulah yang dilakukan keluarga. Saya mencintai yang saya lakukan, dan akan saya kenang penghargaan indah ini”  tutur Cruise dalam pidato penerimaannya.

Sebelum Cruise, nama-nama seperti Dick Cook, Cecil B. Demille, Michael Eisner, Jim Gianopulos, Alan Horn, Jeffrey Katzenberg, Kathleen Kennedy, Donna Langley, Sheery Langsing, Frank G. Mancuso, Sumner Redstone, Terry Semel, Tom Sherak, Jack Valenti, Jack Warner, Darryl F. Zanuck, dan Cheryl Boone juga diganjar penghargaan serupa. (IB15/E04)