<em>Tol Langit</em> Palapa Ring Resmi Beroperasi
Peta konsep Palapa Ring. (Antara Foto/Aprillio Akbar)

Tol Langit Palapa Ring Resmi Beroperasi

Senin (14/10/2019) pagi Proyek Palapa Ring yang mencakup seluruh wilayah Indonesia diresmikan Presiden Joko Widodo. Seperti apa sih proyek ini?

Inibaru.id – Proyek jaringan serat optik internet cepat yang mencakup seluruh wilayah RI atau yang dikenal dengan proyek “Tol Langit” Palapa Ring sudah selesai. Proyek ini akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (14/10/2019).

Dalam acara yang digelar di Istana Negara, Jakarta tersebut, Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Palapa Ring.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Jokowi yang dimuat di laman Kompas, Senin (14/10).

Menurut Jokowi, dunia saat ini sudah beralih dari era analog ke era digital. Oleh karena itu, kehadiran Palapa Ring menjawab kebutuhan internet yang cepat di Indonesia.

Dalam acara yang dihadiri sejumlah pejabat negara ini, terdapat pula uji coba video conference antara Presiden Jokowi dengan pejabat daerah dari Indonesia bagian barat, tengah, serta timur.

Sebelum ini, acara peresmian Palapa Ring diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Rudi menyebut proses pembangunan Palapa Ring Timur baru diselesaikan pada Agustus 2019 lalu. Pembangunan Palapa Ring Timur jauh lebih lama dibandingkan dengan proses pembangunan di bagian Barat dan Tengah. Menurut Rudi, hal ini terkait dengan infrastruktur dan wilayah yang cenderung lebih sulit dijangkau.

Dia berharap nantinya Palapa Ring Timur bisa memberikan dampak besar bagi masyarakat Indonesia bagian timur seperti menumbuhkan ekosistem startup dan eSports yang selama ini terkendala karena nggak adanya internet.

Semoga saja proyek ini bisa memberikan banyak manfaat, ya, Millens. (IB09/E06)