Kerap Lakukan Diving, Neymar Dihujat Sejumlah Tokoh Sepak Bola Dunia
Neymar yang terlihat kesakitan setelah diinjak pemain Meksiko (Dnaindia.com)

Kerap Lakukan Diving, Neymar Dihujat Sejumlah Tokoh Sepak Bola Dunia

Tokoh sepak bola dunia mengecam aksi diving dan teatrikal Neymar karena dianggap sudah berlebihan dan tidak perlu untuk dilakukan.

Inibaru.id – Dalam pertandingan yang berlangsung pada Senin (2/7/2018), Brasil mengalahkan Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2018 dengan skor akhir 2-0. Gol yang dicetak Neymar dan Roberto Firmino menjadi pembeda di laga yang berlangsung cukup sengit ini. Namun, kemenangan tersebut nggak lepas dari kontroversi lantaran aksi diving yang kerap dilakukan Neymar Jr.

Okezone.com, Selasa (3/7) menulis, sejumlah tokoh sepak bola dunia mengkritik Neymar yang kerap melakukan aksi diving dan teatrikal, termasuk saat pertandingan melawan Meksiko.

Legenda Argentina Diego Maradona salah satunya. Dia mengaku sudah muak dengan aksi diving Neymar dan secara tegas memintanya untuk nggak lagi melakukannya. Menurut Maradona, penggunaan video assistant referee (VAR) membuat aksinya tak lagi perlu untuk dilakukan. Dia juga mendesak wasit memberikan kartu kuning jika Neymar kembali melakukan aksi teatrikal di lapangan.

Maradona menganjurkan agar Neymar sebaiknya fokus dalam perannya sebagai pencetak gol ulung saja, tidak berakting di lapangan.

“Dia harus paham bahwa di era sepak bola modern, diving bisa membuatnya terkena kartu kuning karena kini sudah ada VAR. Dia sudah pernah mendapatkannya saat melawan Kosta Rika,” ucap Maradona.

(twitter.com/Omar_zmn)

Aksi diving Neymar dibuat meme. (Twitter.com/Omar_zmn)

Tokoh sepak bola lain yang mengkritik Neymar adalah pelatih Irlandia Martin O’Neill. Bagi O’Neill, aksi Neymar sangat menyedihkan. Kendati mengakui kualitas Neymar yang bagus, O’Neill menganggap pemain yang kini membela klub PSG tersebut lebih pantas dianggap sebagai aktor.

Sementara itu, legenda Inggris yang merupakan komentator BBC Sport dan BT Sport Gary Lineker menganggap Neymar terlalu mudah terjatuh dan kesakitan untuk hal-hal yang tidak perlu. Mantan striker Timnas Inggris Alan Shearer melaui akun Twitter pribadinya juga menyebut aksi berlebihan Neymar membuatnya mual.

Nggak hanya dikritik tokoh sepak bola dunia, meme aksi diving Neymar juga viral di media sosial. Meme ini ditujukan untuk menyindir tingkah polah Neymar yang dianggap tidak pantas.

Photo:Twitter.com/mikeyangelo14

Meme aksi diving Neymar. (Twitter.com/mikeyangelo14)

Dalam pertandingan melawan Meksiko, Neymar terlihat berguling di pinggir lapangan seakan-akan sedang sangat kesakitan setelah kakinya diinjak pemain Meksiko, Miguel Layun. Usai pertandingan, Neymar berkata tindakannya bukan aksi teatrikal dan sudah sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Sementara itu, Neymar menanggapi kritikan tersebut dengan santai.

"Saya cuma pengin beramin dan membantu teman setim kok. Saya di sini untuk menang dan berharap bisa berkembang," ujar Neymar.

Duh duh, jangan jangan Mas Neymar memang berbakat jadi artis ya. Ha-ha. (IB09/E04)