Toko Roti Pertama di Indonesia, Buka Sejak 1898!

Toko Roti Pertama di Indonesia, Buka Sejak 1898!
Toko Roti Go, toko roti pertama di Indonesia dan eksis hingga sekarang. (Travelingyuk/Gallant Tsany)

Ternyata, toko roti pertama di Indonesia buka sejak 1898 alias saat masih zaman kolonial Belanda. Menariknya, toko roti ini nggak berada di kota besar, melainkan di Purwokerto, Jawa Tengah. Apa sih nama toko roti ini?

Inibaru.id – Meski bukan penganan asli Indonesia, realitanya roti cukup popular di Tanah Air. Bahkan, kini semakin banyak toko roti yang berkonsep dine in atau dibawa pulang bermunculan di Tanah Air. Hanya, kamu tahu nggak toko roti pertama di Indonesia?

Orang-orang yang biasa melakukan wisata kuliner pasti mafhum kalau di sejumlah tempat ada toko-toko roti legendaris yang usianya sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun. Hanya, ternyata toko roti pertama di Indonesia nggak berada di kota besar, lo, melainkan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Toko roti tersebut Bernama Toko Roti Go. Usianya 123 tahun lo karena sudah berdiri sejak 1898. Wih, sudah ada sejak zaman kolonial, ya!

Mencari Toko Roti Go nggak sulit kok. Maklum, lokasinya ada di pusat kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman No.724 Purwokerto. Bangunannya masih terlihat sederhana dan klasik, namun bersih dan terawat. Maklum, toko roti legendaris pasti banyak pengunjungnya, Millens.

Jadi, yang membuka Toko Roti Go adalah pasangan Go Kwe Ka dan Oei Pak Ke Nio. Sudah tahu kan dari mana nama Toko Roti Go berasal? Nah, kini, toko roti ini dikelola oleh keturunan pasangan tersebut, tepatnya cucu-cucunya, yakni pasangan Pararto serta Rosani Wiogo.

Ada banyak jenis roti yang bisa kamu beli di Toko Roti Go. (Travelingyuk/Gallant Tsany)
Ada banyak jenis roti yang bisa kamu beli di Toko Roti Go. (Travelingyuk/Gallant Tsany)

Roti yang bisa kamu dapatkan di Toko Roti Go dibuat dengan resep tradisional yang sudah ada turun-temurun sejak awal berdiri. Salah satu ciri khas dari roti ini adalah dibuat tanpa mengunakan bahan kimia seperti bahan pengawet, bahan pemanis, bahan pewarna, serta pengembang.

Karena benar-benar masih menggunakan bahan alami, roti ini pun hanya bakal awet 2 hari. Ini jadi bukti roti yang dijual fresh tanpa pengawet ya, Millens. Sayangnya, hal ini berarti kamu nggak bisa menjadikan roti dari Toko Roti Go sebagai oleh-oleh kalau main ke Purwokerto. Takutnya, sampai di tujuan rotinya sudah nggak sebaik saat kamu beli.

Soal rasa, jangan ditanya deh. Dijamin mantap! Harga roti-roti di toko ini juga cenderung terjangkau dan banyak yang masih di bawah Rp 10 ribu. Dijamin kenyang kalau memborong roti di sini.

Ada banyak varian roti yang bisa kamu beli di Toko Roti Go. Kebanyakan sih roti-roti tradisional seperti roti manis, roti sobek, dengan isian seperti pisang, cokelat, dan kranten. Yang paling diminati adalah roti kopi brood serta roti sobek isi daging ayam kampung.

Di sini, setidaknya ada 80 jenis varian roti serta 10 jenis kek yang disediakan buat kamu. Jadi, kamu bisa deh memilih roti apa yang sekiranya sesuai dengan lidah kamu.

Jadi, kapan nih main dan beli roti di toko roti pertama di Indonesia, Millens? (Tra/IB09/E05)