Tito Karnavian Diberhentikan dari Kapolri, Ari Dono Ditugasi Jadi Plt

DPR menerima surat permintaan persetujuan dari Presiden Jokowi yang berisi tentang pemberhentian Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pemberhentian ini terkait dengan isu Tito akan dijadikan menteri dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Tito Karnavian Diberhentikan dari Kapolri, Ari Dono Ditugasi Jadi Plt
Tito Karnavian diberhentikan dari Kapolri. (Antara Foto/Wahyu Putro A/wsj)

Inibaru.id – Jenderal Tito Karnavian resmi diberhentikan dari jabatan Kapolri pada Selasa (22/10/2019). Hal tersebut disampaikan langsung Ketua DPR RI Puan Maharani saat rapat Paripurna DRP II di Kompleks Parlemen, Senayan.

Pemberhentian ini bermula saat DPR menerima empat surat dari Jokowi. Salah satunya berisi tentang permintaan persetujuan DPR untuk pemberhentian Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Tadi siang baru saja kami Ketua DPR dan pimpinan dewan menerima pertama surat DPR terkait pemberhentian Tito Karnavian selaku Kapolri dan anggota kapolri yang akan ditugaskan untuk memangku jabatan lain di pemerintahan. Karena tidak boleh jabatan rangkap dan untuk supaya maksimal menjalankan tugasnya,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta seperti ditulis laman Suara.com, Selasa (22/10).

Kendati demikian, Puan nggak merinci secara jelas tugas baru yang akan disandang Tito. Namun, ada kemungkinan Tito bakal menjadi salah seorang menteri Jokowi-Ma'ruf karena pada Senin (21/10) mantan Kapolda Metro Jaya itu menyambangi Istana.

Terkait pemberhentian Tito, jabatan Kapolri sementara akan ditugaskan kepada Wakapolri Komjen Ari Dono. Keputusan tersebut menurut Puan berdasarkan pernyataan dari Presiden Joko Widodo.

"Presiden sudah disampaikan yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri," katanya.

Wah, tinggal menunggu pengumuman resmi jajaran menteri, Rabu (23/10) nih, Millens. (IB07/E04)