Titiek Soeharto Berada di Antara Massa Aksi Reuni 212

Banyak tokoh ternama ikut ambil bagian dalam aksi reuni 212. Salah seorang di antaranya Titiek Soeharto.

Titiek Soeharto Berada di Antara Massa Aksi Reuni 212
Titiek Soeharto mengikuti aksi reuni 212. (Instagram/@serendipity1410)

Inibaru.id - Sejumlah tokoh datang meramaikan Reuni 212 di area Monas Jakarta, Sabtu (2/12/2017).  Salah seorang di antara mereka adalah putri Mantan presiden Soeharto, Titiek Soeharto.

Dilansir Kumparan.com (2/12/2017), mengenakan setelan putih-putih dan jilbab putih panjang, foto Titiek banyak disebutkan hadir di Reuni Aksi 212. Ada beberapa orang yang mengunggah foto dengan Titiek. Di foto yang beredar di media sosial itu, Titiek Soeharto terlihat menurunkan masker putih yang ia gunakan saat berfoto.

"Alhamdulillah bertemu bu @TitiekSoeharto, alumni 212 di Monas di acara Setahun Aksi Damai Islam Menjaga Spirit Ukhuwah 212," tulis salah seorang yang ikut aksi dalam akun Twitter-nya @serendipity1410 pada Sabtu (2/12).

Unggahan tersebut kemudian mendapatkan banyak komentar warganet.

Baca juga:
Mereka Berbagi dalam Aksi Reuni 212
Benarkah Peserta Aksi Reuni 212 Capai 7,5 Juta Orang?

"Puteri Alm Pak Harto yang ini memang memiliki rasa empati dan simpati yang sangat menawan sekali. Terimakasih ibu @TitiekSoeharto," komentar akun @mzein_limasha.

Tak hanya Titiek Soeharto, semangat aksi 212 juga terlihat di Italia. Seorang wanita bernama Olivia Nieke Yuliane mengunggah fotonya tengah menggunakan kaus hitam bertulis “Islam 212 dan NKRI Harga Mati” di sebuah jalan di Italia.

Wanita yang disapa Nieke tersebut tinggal di Italia sejak tujuh tahun lalu.

"Aku menetap sudah 7 tahun. Nikah sama orang Italia tulen, Muslim sejati. Tapi aku tetap pemilik paspor hijau aka (also known as) Indonesia asli," jelas Nieke kepada Kumparan.com.

Dalam Twitter-nya, Nieke @nieke_aereta menulis meski tak lagi di Monas, semangat 212 tetap melekat pada dirinya.

"Meski raga tak di Monas saat ini, tp spirit 212 selalu nancap. Jika tidak, tak mungkin sangat pede saya kenakan kaos ini di Italia," tulis Nieke.

Foto yang diunggah Nieke tersebut diambil satu bulan yang lalu, saat musim winter. Ia mengaku bangga menggunakan atribut Islam di dataran Eropa.

Baca juga:
Menilai Unsur Politis pada Aksi Reuni 212
Rekomendasi MUI untuk Penghayat Kepercayaan

"Kalau pake kaos Islam atau jilbab di Indonesia kan biasa. Ngga heran. Aku justru harus pakai itu di Italia. Supaya Islam ngga menakutkan di mata mereka. Itu caraku menangkis Islamophobia," sebut Nieke.

Unggahan Nieke tersebut sontak mendapat banyak respons dari warganet. Sebanyak 241 orang me-retweet dan 527 orang memberikan like pada unggahan Nieke. Berbagai komentar pun juga turut meramaikan unggahan Nieke.

"Alhamdulillah..Tetap terhubung dalam jalinan ukhuwah yang indah," komentar akun @bandabening. (EBC/SA)