Tips Workout Agar Tetap Bugar Pascaliburan

Tips <em>Workout</em> Agar Tetap Bugar Pascaliburan
Adi, Instruktur BSB Gym. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Liburan memang jadi momen pas untuk nyobain berbagai kuliner. Nggak heran hal ini bakal berpengaruh ke berat badan dan kesehatanmu. Nah, berikut ini cara agar kamu kembali bugar pascaliburan. Apa saja?

Inibaru.id - Liburan memang jadi momen yang menyenangkan ya, Millens! Kebanyakan orang menghabiskan liburan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata populer. Salah satu bagian yang nggak bisa dipisahkan dari liburan adalah wisata kuliner. Apalagi setiap objek wisata punya jajanan khas yang sayang banget jika nggak dicoba.

Kalap saat mencoba berbagai kuliner kala liburan memang nggak baik buat tubuh kamu. Eits jangan khawatir, Inibaru.id sudah menyiapkan beberapa tips buatmu yang pengin tetap bugar meski sempat "khilaf" menyantap berbagai makanan saat liburan!

Kali ini trainer BSB Gym, Adi membagikan berbagai tips yang bisa kamu sontek agar badan kamu tetap bugar. Apa saja?

Luruskan Niat

“Bentuk badan langsing itu cuma bonus,” kata Adi. Menurutnya, dalam berolahraga yang terpenting adalah tubuh yang sehat.

Maka, dari awal kamu harus tanamkan dalam dirimu bahwa olahraga merupakan usahamu untuk menjadi sehat. Banyak orang kecewa dan berhenti olahraga karena berekspektasi bentuk badan bagus setelah beberapa saat berolah raga. Padahal esensi olahraga adalah tubuh yang sehat!

Lakukan Latihan Kardio

Latihan kardio sejatinya adalah latihan untuk meningkatkan detak jantung. Namun latihan ini juga dapat menurunkan berat badan karena aktivitas ini bisa membakar lemak. Menurut Adi, latihan ini bisa dilakukan dengan bersepeda atau threadmil dilanjutkan dengan angkat beban di gym.

Jika kamu nggak pengin ke gym, kamu bisa melakukannya dengan jogging atau berjalan saja. Buat kamu yang belum terbiasa, Adi menyarankan untuk dibiasakan berjalan agar tubuhmu nggak kaget. Durasinya maksimal 1,5 jam saja!

Durasi dalam Seminggu

Boleh saja kamu punya target menurunkan berat badan dengan cepat. Namun kamu nggak bisa sembarangan dalam menentukan durasi latihan per minggunya ya. Dalam satu minggu, Adi menyarankan 2-3 kali latihan. Namun jika kamu punya kesibukan, kamu bisa melakukannya sekali saja. Jangan sampai terobsesi dan melakukan latihan setiap hari ya, beri waktu buat badanmu untuk beristirahat.

Konsumsi Makanan Sehat

Kamu boleh saja cheating dengan menyantap berbagai makanan saat liburan. Namun setelah itu kamu harus mengubah menu makananmu menjadi lebih sehat. Konsumsilah makanan dengan protein dan vitamin tinggi. Agar nggak berat di kantong, Adi menyarankan untuk mengonsumsi makanan lokal seperti tempe, ikan, sayur atau kacang-kangan yang dimasak dengan cara direbus atau sangrai. Jangan konsumsi junkfood ataupun gorengan ya!

Selain murah, kiat ini juga nggak sulit untuk dilakukan di rumah kan, Millens? Selamat mencoba ya! (Zulfa Anisah/E05)