Tips Tetap Nyaman Bersepeda di Fase New Normal

Tips Tetap Nyaman Bersepeda di Fase New Normal
Tips aman bersepeda di masa pandemi. (Medcom.id)

Di masa pandemi, semakin banyak orang tertarik untuk bersepeda. Nah, agar tetap aman dan nyaman tanpa terganggu cedera, sebaiknya kamu memperhatikan berbagai hal ini.

Inibaru.id – Selama pandemi Covid-19, bersepeda menjadi olahraga yang digandrungi masyarakat. Nggak hanya orang dewasa, anak-anak juga kini seperti lebih bersemangat untuk bersepeda, apalagi mereka harus belajar di rumah.

Bersepeda bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Meski begitu, kalau nggak dilakukan dengan benar, bersepeda justru akan menyebabkan nyeri pada leher, punggung, dan bagian tubuh lainnya.

Agar kamu tetap nyaman melakukannya, sebaiknya perhatikan berbagai tips nyaman bersepeda di fase new normal seperti sebagai berikut.

1. Perhatikan Pengaturan Sepeda

Kalau sepeda kamu nggak diatur dengan tepat, bisa jadi posisi sadel jadi tidak nyaman dan akhirnya memengaruhi postur tubuhnya saat bersepeda. Dampaknya nggak main-main lo, Millens. Bisa jadi kamu malah terkena nyeri bahu, leher, atau punggung bagian bawah.

Pengaturan sepeda penting demi mencegah cedera. (Flickr/draganbrankovic)
Pengaturan sepeda penting demi mencegah cedera. (Flickr/draganbrankovic)

Pastikan sadel nggak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kondisikan jarak antara stang dan sadel ideal agar postur tubuhmu saat bersepeda nyaman.

2. Lakukan Peregangan Sebelum Melakukannya

Apa pun olahraganya, peregangan atau pemanasan memang sebaiknya dilakukan demi mencegah munculnya cedera. Peregangan bisa dilakukan di bagian tungkai bawah, leher, bahu, dada, serta punggung. Berikut adalah caranya:

Otot Leher

Regangkan otot leher dengan mendekatkan telinga ke pundak. Gerakkan leher ke kanan dan ke kiri beberapa kali. Kamu juga bisa meletakkan tangan kiri pada bagian bawah pantat kiri demi membuat proses peregangan menjadi lebih maksimal;

Otot Dada

Setelah meregangkan otot leher, sebaiknya regangkan otot dada. Caranya, Anda bisa berada dalam posisi duduk dan tegak, lalu mengaitkan kedua tangan dan mengarahkannya ke belakang tubuh. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali. Hal ini dipercaya bisa memperbaiki postur tubuh yang sering membungkuk saat bersepeda;

Otot Panggul

Regangkan otot panggul dengan melakukan posisi semi-berlutut. Hanya salah satu kaki dikondisikan agar bersudut 90 derajat. Setelah itu, doronglah pinggul ke depan dan tahan hingga 10 detik;

Otot Hamstring

Jangan lupakan peregangan otot hamstring. Caranya adalah dengan berbaring di atas lantai, lalu mengangkat salah satu kaki ke atas hingga lurus. Tahan beberapa detik dan lakukan beberapa kali secara bergantian;

Otot Punggung

Dengan posisi berbaring yang sama, kamu juga bisa meregangkan otot punggung. Tekuk lutut dan tarik hingga ke dada. Rangkul lutut dan tahan posisi ini selama sekitar 20 detik.

Medcom.id mengadakan event bersepeda Virtual Funbike for EDU. (Flickr/

Maria Eklind)
Medcom.id mengadakan event bersepeda Virtual Funbike for EDU. (Flickr/ Maria Eklind)

Ngomongin bersepeda, dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-3, News Video Portal Medcom.id dengan tagline “Terus Memberi Arti” akan mengadakan Virtual Fun Bike for Edu yang bakal digeber pada 28 November 2020 mendatang. Pendaftarannya sudah dibuka sejak Jumat (30/10/2020) lalu.

Acara ini nggak hanya mengajak masyarakat untuk gowes sehat dan menyenangkan, tapi juga meningkatkan kepedulian nasib guru honorer di Indonesia. Karena alasan inilah, acara tersebut juga mengusung semangat “Gowes Seru Peduli Guru”.

Tertarik mendaftar? Klik saja di medcom.ud/virtualfunbike. Setelahnya, pilih kategori gowes. Ada yang 10 km (family) serta 20 km (personal). Biaya pendaftarannya Rp 100 ribu. Biaya ini sudah meliputi E-BIB, E-Certificate, satu buah jersey, serta donasi pendidikan.

Yuk, kapan lagi bisa gowes asyik dan menyenangkan. Ikutan ya, Millens! (Med/IB09/E03)