Supaya Semangat Salat Tarawih, Lakukan Hal-Hal Berikut

Selain puasa, selama Ramadan umat Islam juga disunahkan menjalani salat tarawih. Namun, lantaran jumlah rakaat yang lebih banyak daripada salat biasa serta butuh waktu yang cukup lama, banyak orang yang nggak bersemangat saat salat tarawih. Biar semangatnya kembali, lakukan hal-hal ini saja.

Supaya Semangat Salat Tarawih, Lakukan Hal-Hal Berikut
Ilustrasi sujud. (Freepik)

Inibaru.id – Ramadan adalah bulan istimewa karena seluruh umat Islam punya kesempatan lebih besar menggalang pahala sebanyak-banyaknya. Selain dengan berpuasa, kamu juga bisa mencari pahala lewat salat tarawih. Sayang, terkadang semangat hilang saat menjalani salat tarawih.

Ada banyak faktor yang membuat salat tarawih menjadi kurang bersemangat. Ada yang tergoda dengan rasa kantuk  karena durasi salat sunah ini cukup lama, ada pula yang mager alias malas gerak karena kekenyangan berbuka.

Nah, biar tetap semangat saat tarawih, ikuti beberapa tips berikut yuk!

Tanamkan Niat yang Kuat

Ilustrasi salat. (Islam)

Apapun kegiatan yang akan dilakukan, niat adalah hal yang paling utama. Begitu juga dengan tarawih. Tanamkan niat yang kuat saat hendak tarawih. Ingatlah Ramadan hanya muncul setahun sekali, jadi gunakan kesempatan itu dengan menjalankan salat tarawih.

Jangan Makan Terlalu Kenyang Saat Berbuka

Ilustrasi menu buka puasa kurma. (iStock)

Terlalu banyak makan ketika berbuka akan membuatmu kekenyangan dan perutmu terasa begah. Inilah yang terkadang membuat seseorang mengantuk, mager, dan nggak nyaman pergi tarawih. Ubahlah menu berbuka dengan makanan dan minuman ringan yang nggak mengenyangkan. Setelah tarawih, barulah kamu makan besar (nasi).

Sempatkan Tidur Siang Saat Puasa

Ilustrasi tidur siang. (Ruangmuslimah)

Saat Ramadan, tidur konon termasuk ibadah. Tidurlah selama beberapa menit untuk menyegarkan badanmu dari rasa lelah selama bekerja. Selain itu, tidur siang juga akan membuatmu tetap terjaga dan berenergi saat salat tarawih. Namun, jangan terlalu lama tidur siang ya, Millens. Kamu cukup memejamkam mata selama 10-15 menit di siang hari.

Mencari Posisi Salat yang Pas

Ilustrasi posisi salat. (Islami)

Saat salat di masjid, carilah posisi salat di dekat imam. Bagi jemaah laki-laki, kamu bisa mengincar saf pertama dan kedua. Posisi salat yang dekat dengan imam akan membuatmu lebih fokus beribadah dan nggak merasakan ngantuk.

Selain itu, pilihlah tempat yang sedikit jauh dari kipas angin supaya kamu nggak terlalu nyaman dan malah ngantuk.  Kalau masih ngantuk, terlebih saat sujud, cobalah menahan napas untuk beberapa saat.

Tidak Tergesa-gesa

Ilustrasi sujud. (Freepik)

Cepat selesai adalah pikiran yang harus dihilangkan ketika kamu malas tarawih. Selain menghilangkan keberkahan, berpikir demikian juga dapat membuatmu cepat lelah. Nikmatilah setiap ibadah yang kamu jalankan. Lakukan gerakan yang santai daningat untuk memenuhi tuma’ninah saat salat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya semangat salat tarawih. Selamat beribadah ya, Millens! (IB07/E04)