Tips Simpan Es Krim Biar Nggak Gampang Mencair

Tips Simpan Es Krim Biar Nggak Gampang Mencair
Cara menyimpan es krim agar nggak mudah mencair dan berubah teksturnya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski sudah disimpan di dalam kulkas, bisa jadi es krim mencair dan teksturnya berubah. Nah, biar kamu nggak mengalaminya, coba deh tips menyimpan es krim berikut ini.

Inibaru.id – Menyimpan es krim, apalagi yang porsinya besar memang gampang-gampang susah. Memang, di dalam lemari es sudah ada freezer dengan suhu rendah, namun terkadang tetap saja es krim mencair atau mengalami perubahan tekstur. Hal ini tentu membuat kita nggak bisa lagi menikmatinya, bukan?

Kamu tahu sendiri kan es krim disukai siapa saja tanpa mengenal umur. Nggak hanya anak-anak, orang dewasa juga senang menjadikannya camilan atau hidangan penutup. Apalagi jika suhu udara sedang sangat panas dan kita butuh kesegaran.

Nah, daripada es krim mudah mencair dan berubah teksturnya, yuk simak sejumlah tips menyimpan es krim berikut ini.

Perhatikan Wadah Es Krim

Kalau kamu ingin menempatkan es krim berukuran besar atau literan ke dalam freezer, pastikan wadah es krimnya tertutup dengan rapat ya? Biasanya sih wadah ini memang sudah dilengkapi dengan tutup yang baik. Jadi, jangan sampai ada celah sehingga udara masuk dan akhirnya mempengaruhi tekstur es krim.

Kalau kamu cermati, wadah es krim besar biasanya cenderung datar dan lebar. Ternyata, hal ini ada tujuannya, lo, Millens. Dengan bentuk wadah yang datar dan lebar ini, maka suhu dingin freezer bisa menyebar dengan merata. Otomatis, es krim di dalamnya pun bisa tetap terjaga suhu dan teksturnya.

Tekstur es krim bisa berubah kalau nggak ditempatkan dengan benar. (Flickr/andie712b)
Tekstur es krim bisa berubah kalau nggak ditempatkan dengan benar. (Flickr/andie712b)

Kalau kamu membuat es krim sendiri, pastikan wadahnya yang datar dan lebar, ya? Keuntungan lain dari wadah ini adalah kamu akan lebih mudah untuk menyendoknya. Tapi, sebelum kamu menempatkan es krim buatan sendiri ini di dalam wadah, sebaiknya gunakan plastic wrap sebagai pelapis di antara es krim dan tutup wadahnya, ya.

Keberadaan plastic wrap ini bisa membantu mencegah terbentuknya kristal es. Meski sama-sama dingin, keberadaan kristal es ini ternyata bisa membuat tekstur es krim berubah dan nggak lagi sempurna, lo.

Perhatikan Lokasi Penempatan Es Krim

Selain memperhatikan wadah es krim, kamu juga harus memperhatikan freezer kulkas kamu, ya Millens. Sebaiknya es krim ditempatkan di bagian belakang freezer sehingga saat pintu kulkas dibuka, nggak mudah terpengaruh dengan perubahan suhu. Di bagian belakang, suhunya tetap stabil sehingga tekstur es krim akan tetap sempurna.

Selain itu, pastikan suhu freezer tetap terjaga paling maksimal. Kalau kulkasmu ada pengatur suhunya, aturlah di suhu yang stabil, yakni di bawah 17 derajat Celcius. Hal ini akan menjaga rasa dan tekstur es krim.

Kalau kamu nggak ada kulkas atau ingin membawa es krim ke luar rumah, bisa kok menempatkannya di styrofoam khusus atau kotak dry ice. Sayangnya, alat-alat ini cuma mampu menjaga kondisi es krim selama dua atau tiga jam saja.

Nah, sudah tahu kan tips menyimpan es krim agar nggak mudah mencair, Millens? (Hip/IB09/E05)