Tips Perawatan Kucing Persia bagi Pemula, Biar 'si Pesek' Tetap Menggemaskan

Tips Perawatan Kucing Persia bagi Pemula, Biar 'si Pesek' Tetap Menggemaskan
Bagaimana tips perawatan kucing Persia? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kucing Persia, si bulu lebat nan panjang ini jadi primadona banyak orang. Namun untuk menjaganya tetap indah dan sehat harus ada tenaga ekstra lo untuk merawatnya. Lalu apa sih tips perawatan kucing Persia?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak gemas dengan tingkah kucing lucu dan kadang menyebalkan yang dibagikan di lini masa? Nggak cuma gatal pengin ngasih jempol, namun ada pula perasaan ingin memilikinya. Ya, keberadaan kucing di rumah mungkin bisa bikin suasana tambah berwarna.

Salah satu jenis kucing yang kerap dipelihara adalah kucing Persia yang penurut dan tenang. Namun sifatnya yang banyak disukai manusia ini harus ditebus dengan perawatannya yang ekstra lo.  apa saja tipa perawatan kucing Persia?

1. Perawatan Bulu

Sikat dengan sisir logam. (iStockphoto)
Sikat dengan sisir logam. (iStockphoto)

Biasakan untuk menyikat bulu kucing Persia sedari kecil agar ia terbiasa dengan aktivitas ini. Sikat terbaik untuk menyisir bulunya yang lebat adalah sisir berbahan logam dengan ujung meruncing. Pilih pula gigi sikat yang nggak terlalu rapat untuk mempermudah merapikan bulunya yang kerap kusut.

2. Makanan

Berikan wadah makanan yang sesuai. (Hewanee)
Berikan wadah makanan yang sesuai. (Hewanee)

Kucing Persia kecil memiliki kebutuhan makan dua kali lebih banyak dibanding kucing Persia dewasa. Beri makan 4 kali sehari untuk kucing kecil berusia 5-6 minggu. Selain itu, berikan pula makanan khusus kucing yang penuh dengan vitamin dan nutrisi terutama taurin yang dapat mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

3. Memandikan

Mandikan sesuai kebutuhan. (iStockphoto)
Mandikan sesuai kebutuhan. (iStockphoto)

Tips perawatan kucing Persia selanjutnya adalah urusan mandi. Gunakan air yang nggak terlalu dingin dan nggak terlalu panas untuk memandikan kucingmu. Selain itu, gunakan pula sampo yang tepat untuk menjaga kecantikan bulunya. Kamu bisa memandikannya sekitar seminggu – sebulan sekali tergantung kondisinya. Oh ya, memandikanya sendiri di rumah tentu akan lebih hemat biaya meskipun agak ribet ya, hehe.

4. Kebersihan Hidung dan Mata

Bersihkan mata dan hidungnya secara rutin. (iStockphotos)
Bersihkan mata dan hidungnya secara rutin. (iStockphotos)

Hidung kucing Persia yang pesek membuatnya mudah tersumbat oleh kotoran. Hal ini bisa memicu infeksi saluran pernapasan. Pastikan untuk membersihkan hidung kucing kesayanganmu dengan cotton bud yang telah dibasahi air hangat ya!

Selain hidung, mata kucing Persia juga butuh dibersihkan secara rutin setidaknya sehari sekali. Seka air mata kucing yang berlebihan dengan kain atau tissue untuk mencegah masalah iritasi dan kerusakan bulu wajah.

5. Vaksinasi

Berikan vaksinasi agar tetap sehat. (iStockphoto)
Berikan vaksinasi agar tetap sehat. (iStockphoto)

Infeksi saluran pernapasan juga bisa disebabkan oleh ketiadaan lapisan filter pada hidung kucing Persia lo. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing serta mencegah flu kucing, lakukan vaksinasi atau imunisasi di dokter hewan secara teratur.

6. Kebiasaan Sehari-hari

Ajarkan kebiasaan baik. (Shutterstock)
Ajarkan kebiasaan baik. (Shutterstock)

Jika induk kucing sudah mengajarkan anaknya untuk membersihkan dirinya sendiri, kamu perlu mengajarkan kucingmu untuk kebiasaan baik sehari-hari seperti buang kotoran di tempatnya. Siapkan litter box untuk toiletnya serta tempat makan dan minum supaya hidupya lebih teratur.

7. Kandang dan Tempat Makan

Berikan tempatmakan dan kandang khusus. (Pixabay)
Berikan tempatmakan dan kandang khusus. (Pixabay)

Gunakan kandang dengan bahan baku palet kayu untuk mencegah bulu kucing Persia menempel di permukaannya. Bahan satu ini akan mencegah bulunya menempel atau menggumpal.

Selain itu, berikan tempat makan yang datar dan bertepi rendah. Hindari penggunaan mangkuk karena dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan nggak cocok dengan kontur wajah kucing Persia yang datar.

Nah itulah beberapa tips perawatan kucing Persia agar tetap sehat. Meski agak ribet, tapi bakal terbayar kok dengan keindahan dan kelucuannya kok. (99/IB27/E05)