Begini Cara Atasi Stres Selepas SBMPTN

Lelah dengan ujian SBMPTN? Cobalah tips mengatasi lelah berikut ini.

Begini Cara Atasi Stres Selepas SBMPTN
Atasi stres usai ujian SBMPTN. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Lebih dari 800 ribu peserta mengikuti ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Selasa (8/5/2018). Jumlah tersebut terbagi atas tiga kelompok yakni kelompok ujian saintek, soshum, dan campuran. Nggak hanya ujian tulis, bagi peserta yang memilih beberapa program tertentu seperti seni atau olahraga, mereka harus mengikuti uji keterampilan yang bakal dilaksanakan pada 9 hingga 11 Mei mendatang.

Sebelum SBMPTN, sejumlah peserta juga ada yang ikut les tambahan agar dapat masuk ke universitas impiannya masing-masing. Yap, hal ini lantaran tes SBMPTN dinilai susah sehingga peserta melakukan berbagai cara untuk dapat menaklukkan tes itu.

Nah, bagi kamu yang merasa stres atau penat usai mengikuti SBMPTN, kamu bisa lo melakukan lima hal berikut ini. Pertama, bersyukurlah karena kamu masih bisa bernapas usai mengerjakan tes yang mematikan itu. He-he. Eh, maksudnya mendekatkan diri kepada Sang Pencipta nih, Millens. Pasrah dengan hasil yang bakal kamu terima adalah keputusan yang bijak agar kamu nggak terbebani dengan hasilnya nanti. Bila nanti kamu nggak lolos, jangan khawatir karena masih ada seleksi mandiri yang digelar setiap universitas.

Berdoa seusai SBMPTN.(Menungguhasil.SBMPTN.com)

Kedua, kamu bisa melampiaskan stresmu dengan berwisata kuliner di kota yang kamu gunakan untuk ujian SBMPTN. Perlu kamu tahu, ujian SBMPTN biasanya diselenggarakan di ibukota provinsi. Jadi, bisa saja kamu ujian di kota lain sehingga kamu bisa mencicipi makanan khas kota tersebut. Selain kenyang, makanan juga bisa menumbuhkan mood kamu agar nggak merasa gelisah.

Menyantap makanan untuk usir penatmu. (Cateringsurabaya.com)

Ketiga, berliburlah bersama teman-temanmu. Namun, harus kamu pastikan, tempat yang akan kamu tuju itu aman, nyaman, dan menyajikan panorama yang sangat menyegarkan. Pantai atau gunung dapat menjadi rekomendasi tempat yang kamu tuju. Kalau malas ke tempat yang ramai, kamu bisa ke tempat sepi dan teriaklah sekencang-kencangnya! Dengan tips yang satu ini, perasaan kamu mungkin bakal lebih lega dan beban yang ada dipikiranmu terkurangi.

Menikmatialam untuk menenangkan jiwa dan raga. (Gooutside.com)

Keempat, jika kamu suka membaca, nggak ada salahnya kamu bersemedi untuk membaca buku-buku sastra kesukaanmu seperti novel atau komik kesukaanmu. Yap, salah satu fungsi sastra yakni untuk menghibur pembaca. Jadi, selain menambah pengetahuan, buku-buku sastra bisa menghiburmu di kala penat.

Membaca buku untuk menambah ilmu. (Satujam.com)

Bila tips di atas masih kurang ampuh untuk menghilangkan stresmu, sepertinya kalimat "kerjakan dan lupakan" perlu kamu tanam di pikiranmu deh, Millens. Yap, kalimat itu dapat membantumu untuk bersikap santai dan tetap tenang.

Selamat mencoba, Millens. Semoga tips-tips tersebut mampu menghilangkan stres seusai SBMPTN ya. Tetap semangat! (IB11/E04)