Lebih Praktis, Begini Tips Kemas Barang dalam Ransel

Lebih Praktis, Begini Tips Kemas Barang dalam Ransel
Cara mudah mengemas barang di tas punggung. (Road Affair)

Seringkali banyak yang keliru saat mengemas barang di ransel untuk berlibur. Kalau salah trik, ranselmu bisa saja nggak akan muat diisi semua bekal liburanmu. Supaya praktis dan aman, simak tips di bawah ini dulu, ya.

Inibaru.id - Saat liburan, barang bawaan adalah faktor penting yang mesti dipersiapkan secara matang. Nggak hanya disiapkan, barang bawaan itu juga perlu dikemas secara praktis supaya mempermudah mobilitasmu kala berlibur. Bakal nggak asyik kan kalau berlibur malah ngrempyok membawa banyak tas?

Nah, biasanya para pelancong menggunakan tas ransel untuk membawa barang-barangnya. Selain stabil, tas ransel juga rata-rata bervolume besar sehingga muat banyak barang. Eits, meskipun bervolume besar, kalau kamu nggak bisa mengemas barang secara praktis, tasmu juga nggak bakal cukup memuat semua barangmu, lo, Millens. Inibaru.id punya tips mengemas barang ala backpacker nih supaya praktis dan muat banyak. Simak yuk!

Pastikan Ranselmu Terbuat dari Bahan yang Kuat dan Kedap Air

Tas ransel kuat. (Pixabay )

Pemilihan tas yang akan digunakan untuk membawa barang-barang liburan harus diperhatikan ya, Millens. Carilah tas dengan bahan yang fleksibel seperti tas duffel atau carrier. Tas jenis itu lebih luwes sehingga bisa memuat barang lebih banyak. Cari juga tas yang nggak terlalu banyak sekat supaya kamu lebih mudah menata barang bawaan.

Simpan Gawai dan Barang-Barang Kecil di Tas Pinggang

Tas pinggang. (Steemit)

Nggak ada salahnya kamu membawa tas pinggang saat berlibur. Tas pinggang bisa sangat membantu untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, ponsel, kamera, atau uang receh. Dengan ini kamu nggak perlu repot mencarinya di Dalam ransel yang berisi barang-barang besar.

Namun, kamu perlu hati-hati membawa tas pinggang saat liburan, Millens. Pastikan tas pinggang selalu terletak di tubuh bagian depan dan selalu dibawa kemana-mana supaya nggak tertinggal atau dicuri.

Tempatkan Perlengkapan Mandi di Wadah Kedap Air

Alat mandi. (Jarangpanas)

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu membawa alat mandi. Seperti contoh, alat mandimu basah sehabis dipakai atau sabun cairmu bocor saat di perjalanan. Untuk mengantisipasi hal-hal itu, gunakan tas khusus kedap air untuk menyimpan peralatan mandimu. Selain itu, bawalah sabun, sampo, atau pasta gigi dalam bentuk kecil atau berupa sasetan supaya lebih praktis dan ringan dibawa.

Pahami Cara Melipat Pakaian

Teknik melipat pakaian. (Youtube)

Setelah menentukan barang-barang penting yang akan dibawa, saatnya menata barang untuk disusun ke dalam ransel. Nah, untuk pakaian, ada teknik melipatnya tersendiri supaya praktis. Pertama adalah dengan cara menggulung pakaian setelah merapikannya. Cara ini memang yang paling mudah dan praktis. Selain itu, ada juga teknik kedua dengan cara budle-wrapping seperti di bawah ini.

Teknik melipat pakaian bundle-wrapping. (Herpackinglist)

Susun Barang Sesuai Prioritas

Menyusun barang. (Rayadventure)

Sebelum mulai menyusun, jangan lupa untuk mengecek kembali kelengkapan barang-barang penting yang kamu butuhkan. Nggak perlu membawa semua barang, tapi jangan lupakan barang-barang seperti identitas, tiket, sepatu, alat mandi, hingga obat-obatan pribadi.

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan saat mengemas barang ke dalam ransel. Pertama, barang terberat mesti diletakkan di bagian paling atas, sedangkan yang paling ringan berada di paling bawah. Ini bertujuan agar barang terberat nggak membebani pinggul yang membuatmu susah melangkah dan menghabiskan banyak tenaga.

Kedua, seimbangkan berat ransel antara sisi kanan dan kiri. Ini berguna untuk menyeimbangkan beban di pundakmu dan membuatnya lebih nyaman untuk dibawa. Namun, jika barang yang kamu bawa nggak terlalu berat, kamu bisa meletakkan barang sesuai dengan prioritas. Seperti alat ibadah atau handuk yang diletakkan di sisi yang paling atas agar mudah diambil, payung di sisi kanan atau kiri, dan baju ganti di bagian paling bawah.

Itulah beberapa tips yang bisa membantumu mengemas barang bawaan ke dalam ransel. Semoga bermanfaat dan selamat liburan, ya! (IB07/E04)