Puasa? Masih Bisa Olahraga Kok!

Millens, puasa tidak menjadi halangan untuk berolahraga, lo. Agar olahragamu nggak mengganggu puasamu, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Puasa? Masih Bisa Olahraga Kok!
Olahraga saat puasa. (Popbela.com)

Inibaru.id – Olahraga menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Itu sebabnya olahraga tetap dibutuhkan meskipun kamu sedang berpuasa, Millens. Nah, agar aktivitas olahraga itu nggak mengganggu kewajibanmu berpuasa, perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Waktu Olahraga

Waktu olahraga menjelang berbuka puasa. (Daftarmenarik.com)

Waktu olahraga menjadi suatu hal yang harus diperhatikan bila kamu pengin olahraga saat puasa. Hal ini karena energimu saat berpuasa berbeda dengan energi yang kamu miliki ketika nggak puasa.

Nah, beberapa ahli kesehatan menyebut, waktu yang dianggap baik untuk melakukan olahraga adalah saat menjelang berbuka. Lebih tepatnya, olahraga dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka puasa. Ini karena waktu tersebut mendekati waktu untuk makan, sehingga kamu tidak merasa pusing, lemas, bahkan ingin pingsan saat berolahraga. Eits, tapi tetap perhatikan kondisi fisikmu ya, Millens! Kalau tubuhmu sedang tidak dalam kondisi baik, jangan paksakan untuk berolahraga.

  1. Jenis Olahraga yang Dilakukan

Bersepeda saat bulan puasa. (Fiets.nl)

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk berolahraga, kamu juga harus memahami jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa, Millens. Saat puasa, kamu disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu jogging dan bersepeda.

  1. Asupan Makanan yang Bergizi

Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa. (Okezone.com)

Saat berpuasa, tubuh setidaknya diberi waktu dua kali untuk makan yakni ketika sahur dan berbuka puasa. Jadi, usahakan mengonsumsi makanan dengan porsi yang secukupnya. Kamu juga sebaiknya makan makanan yang mengandung banyak zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Jika, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh akan memaksimalkan cadangan glikogen otot. Asupan lemak tinggi juga diperlukan untuk memperlambat pencernaan agar perut tidak kosong. Selain itu, protein tinggi seperti ikan, daging, dan telur juga baik untuk tubuh sebagai zat pembangun sehingga saat olahraga di bulan puasa bisa memulihkan sel-sel otot yang rusak.

  1. Banyak Minum

Minum air putih untuk menghindari dehidrasi tubuh saat puasa. (Detik.com)

Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas cairan. Oleh karena itu, setiap hari manusia setidaknya minum 2 liter air. Nah, saat puasa, kebutuhan air tersebut tidak dapat dipenuhi sehingga fenomena dehidrasi pada tubuh kerap terjadi. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengganti kebutuhan itu saat buka puasa dan sahur.

Selain mengonsumsi air putih, kamu juga sebaiknya membatasi aktivitas di siang hari sehingga saat berolahraga tidak terjadi dehidrasi.

  1. Waktu Istirahat

Istirahat yang cukup agar tetap bugar untuk berolahraga sore hari. (Sriwijayapost.com)

Untuk menjaga kebugaran tubuh, istirahat yang cukup sangat diperlukan lo, Millens. Waktu istirahat yang diperlukan orang dewasa sekitar 7-9 jam per hari. Nah, usahakan kamu bisa memenuhi waktu istirahat tersebut.

Kalau waktu tidurmu kurang cukup, kamu bisa mengalami kelelahan dan membuat tubuhmu menjadi nggak bugar. Jadi, buat kamu yang pengin berolahraga saat puasa, perhatikan waktu tidurmu ya sehingga nggak cepat lelah.

Sobat Millens, itulah beberapa hal yang mesti kamu perhatikan bila pengin bolahraga saat puasa. Yuk, olahraga biar tetap bugar. Semangat berpuasa dan berolahraga. (IB11/E04)