Tips Ngemil Agar Berat Badan Nggak Naik Saat Di Rumah Aja

Tips Ngemil Agar Berat Badan Nggak Naik Saat Di Rumah Aja
Tips ngemil saat  karantina di rumah saja. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di rumah aja bisa membuat kamu bosan karena nggak kemana-mana. Hal ini pun membuat kamu lebih tertarik untuk ngemil. Masalahnya, sering ngemil bisa bikin berat badan naik. Lantas, gimana ya cara agar bisa mencegahnya?

Inibaru.id – Makanan ringan memang selalu menjadi godaan paling menantang selama menghabiskan waktu di rumah aja. Tentu saja, hal itu terjadi karena perasaan bosan akibat harus terus di rumah saja demi mencegah penularan virus corona. Sayangnya, hal ini bisa berimbas pada kenaikan berat badan atau masalah lainnya.

Nggak hanya karena di rumah aja, kondisi saat Lebaran seperti sekarang ini memang membuat kita lebih sering melihat camilan. Kita pun akan lebih tergoda untuk menikmatinya.

Nggak perlu khawatir berlebihan kok, Millens. Ternyata, ada cara agar kita bisa tetap menikmati camilan namun bisa mencegah kenaikan berat badan. Yuk simak cara-cara tersebut!

Kenali Tingkat Kelaparan

Kenali rasa lapar yang tengah menderamu. (Businessinsider.com)
Kenali rasa lapar yang tengah menderamu. (Businessinsider.com)

Buat skala lapar yang kamu rasakan dari angka 1 sampai 10. (Skala 10 untuk benar-benar kenyang dan 1 untuk menunjukkan bahwa kamu sedang sangat lapar). Kamu bisa memperhitungkan rasa lapar yang kamu rasakan dengan skala tersebut.

Jika memang kamu sebenarnya nggak benar-benar lapar, bisa menahan diri untuk nggak ngemil dulu. Bisa jadi keinginan ngemil kamu datang hanya karena lapar atau stres, kok.

Tanyakan Pada Diri Sendiri

Ilustrasi ngemil. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi ngemil. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kamu bisa mengenali rasa lapar yang kamu rasakan, kok. Rasakan perbedaannya. Apakah rasa lapar ini memang berasal dari perut atau berdasarkan emosi belaka? Kalau memang penyebabnya hanyalah emosi belaka, sebaiknya kamu mengatasi hal tersebut dengan melakukan aktivitas lain alih-alih ngemil.  

Pilih Camilan yang Tepat

Memilih camilan. (doktersehat)
Memilih camilan. (doktersehat)

Meski ada banyak camilan yang sedang kamu hadapi, bukan berarti kamu bisa memakannya semua. Kamu harus cermat dalam memilih camilan yang sehat dan enak. Sebagai contoh, kamu sebaiknya nggak menghabiskan langsung satu wadah keripik. Konsumsilah sebagian atau sedikit saja. Asalkan kamu sudah mencicipinya, lidah pun sudah terpuaskan, bukan?

Pilih dengan Serius

Camilan nikmat dan lezat. (Pexels)
Camilan nikmat dan lezat. (Pexels)

Tanyakan lagi pada dirimu sebelum melahap camilan yang sudah kamu pegang. Benarkah kamu benar-benar ingin mengonsumsinya karena lapar atau tidak. Kalau memang tidak, sebaiknya mencicipi sedikit saja sehingga nggak ngemil dengan berlebihan.

Tahu Kapan Harus Berhenti

Berhenti ngemil. (Orami)
Berhenti ngemil. (Orami)

Ini yang terpenting, kamu harus tahu kapan kamu harus berhenti ngemil. Caranya, makanlah dengan sadar dan perlahan. Jika kamu merasa rasa lapar fisik tersebut sudah hilang, maka berhentilah.

Gimana Millens, mudah bukan tips-tips agar kamu nggak ngemil dengan berlebihan? Selalu cermat dalam memilih camilan dan jangan memakannya dengan berlebihan, ya? (Fem/MG29/E07)