Harimu Penuh Semangat Bila Melakukan Hal Ini di Pagi Hari

Harimu Penuh Semangat Bila Melakukan Hal Ini di Pagi Hari
Ilustrasi bangun pagi. (Menshealth)

Sebagian orang akan malas gerak alias mager usai bangun tidur di pagi hari. Namun, kalau mager berlanjut, aktivitasmu bakal terganggu karena harimu kurang semangat. Hal-hal ini bisa kamu lakukan untuk membangkitkan semangat pagimu, Millens.

Inibaru.id – Semua orang tentu pengin aktivitasnya berjalan lancar dan beres setiap hari. Nah, menjalani hari dengan penuh semangat adalah salah satu kunci untuk membuat segalanya menjadi menyenangkan. Segala hal yang dilakukan dengan senang dan bersemangat pasti berjalan lancar kan, Millens?

Supaya bersemangat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti membiasakan diri untuk tidur dan bangun tepat waktu. Ini akan menjaga jam internal tubuh agar tetap sinkron dan membuatmu lebih segar di pagi hari kemudian mengantuk ketika waktu tidur malam tiba.

Ilmu Ayurveda (ilmu kesehatan dari India) menyebut, seseorang sebaiknya bangun sebelum matahari terbit sehingga tubuh dapat bersinkronisasi dengan ritme matahari. Cahaya yang didapat setelah bangun tidur akan membuatmu merasa lebih terjaga dan bersemangat di pagi hari.

Ada pula beberapa cara lain seperti hal-hal di bawah ini.

Minum Teh, Kopi, atau Cokelat


Ilustrasi secangkir teh, kopi, dan cokelat. (Istyle)

Sambil menunggu saat yang tepat untuk sarapan, kamu bisa menikmati secangkir teh hangat, kopi, atau cokelat hangat sebagai pembuka hari. Meminum kafein pada pagi hari dapat membuatmu lebih fokus berpikir atau mengerjakan aktivitas. Kafein dapat memompa bahan kimia seperti serotonin dan dopamin ke otak supaya mood dan energimu meningkat. Eits, tapi sebelum minum kopi, teh, atau cokelat, minum secangkir air mineral dulu ya supaya perutmu nggak kaget.

Membaca Buku

Ilustrasi membaca buku. (Toutiaoid.jiajiahebao)

Aktivitas membaca buku setelah bangun tidur merupakan pemanasan untuk otak dan pikiranmu sebelum menjalani rutinitas. Dengan membaca buku, kamu bisa lebih bersemangat. Buat kamu para pelajar dan mahasiswa, sebaiknya menyempatkan diri untuk membaca buku pelajaran. Membaca buku setelah bangun tidur mempermudah otakmu mengingat apa yang kamu baca karena kamu masih belum memikirkan hal-hal lain. Bagi yang nggak suka membaca buku, hal ini memang agak susah dilakukan sih, tapi nggak ada salahnya dicoba, kan?

Olahraga Ringan

Ilustrasi olahraga ringan. (Ohayo)

Setelah bangun tidur, segeralah mencuci muka dan merapikan tempat tidur. Lalu sempatkan untuk berolahraga ringan seperti squat jump atau sit up. Gerakan-gerakan itu berguna untuk memompa darah dan meningkatkan sistem saraf.

Mendengarkan Musik


Ilustrasi mendengarkan musik. (Shutterstock)

Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan mood. Musik juga bisa membuatmu lebih percaya diri sehingga lebih bersemangat. Nggak cuma membangun semangat saja lo, mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk menghindari kebosanan dan kelelahan.

Senyum dan Sapa

Ilustrasi menyapa teman. (Japanesestation)

Tersenyum bisa menjadi obat untuk membuat hati dan jiwa seseorang menjadi positif. Seberat apapun beban hidupmu, cobalah untuk lebih sering tersenyum. Hiburlah dirimu dengan hal-hal menyenangkan. Tersenyum juga hal yang menular, lo. Dengan tersenyum dan menyapa orang-orang yang kamu temui pada pagi hari, mereka akan ikut tersenyum kepadamu. Seseorang yang ramah dan murah senyum seringkali mudah diterima dimana pun tanpa pandang bulu. Jangan cuma menyapa doi aja lewat chat, ya. Ha-ha.

Yap, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat pagimu penuh semangat. Selamat mencoba, Millens! (IB07/E04)