Tahan Emosimu dengan Cara-Cara Ini

Tahan Emosimu dengan Cara-Cara Ini
Ilustrasi menahan emosi. (Shutterstock)

Pertanyaan-pertanyaan yang nggak pengin kamu jawab atau situasi tertentu kerap memancing emosi. Eits, tahan, jangan emosi dulu, lakukan hal-hal ini.

Inibaru.id – Seringkali keadaan dan situasi yang terjadi di sekitar membuat emosimu perlahan memuncak. Nggak hanya marah, berbagai emosi lain seperti takut, panik, dan cemas pun bisa terjadi karena hal itu. Hm, rasanya pasti nggak nyaman banget ya?

Tenang saja, Millens. Ada cara yang bisa kamu terapkan agar nggak mudah terpancing emosi karena keadaan sekitar, kok.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersikap tenang dan jangan panik. Rasa panik justru akan memancingmu melakukan sesuatu yang nggak perlu. Tetap lakukan aktivitas seperti biasa dan utamakan keselamatan dirimu sendiri.

Ilustrasi terpancing emosi. (iStockphotos)

Kamu pun harus bisa mengenali  tanda emosi pada dirimu, misalnya jika emosi sudah melebih batas, maka jantungmu akan berdebar kencang. Agar nggak terpancing emosi lebih jauh, kamu harus segera mengelola emosimu bila tanda itu mulai muncul. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan ya.

Alihkan emosimu dengan melakukan kegiatan dan hobi yang kamu suka. Memasak, membaca buku, dan jalan-jalan bisa jadi beberapa solusinya.

Belajarlah mengendalikan emosimu. (Shutterstock)

Hindari pula konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang karena dapat membuatmu lebih agresif. Satu hal lagi yang dapat kamu lakukan adalah tidur yang cukup. Kualitas tidur yang baik dapat menjaga otakmu dari perubahan kontrol emosi. Kurang tidur dapat membuatmu menjadi lebih mudah marah dan mengganggu kemampuan berpikirmu seperti ditulis laman Medcom, Rabu (22/5/2019).

Nah, nggak sulit kan mengatur emosi? Semangat berusaha! (IB10/E04)