Selain Makan, Cara-Cara Ini Bisa Meredam Stres

Selain Makan, Cara-Cara Ini Bisa Meredam Stres
Ilustrasi makan cokelat. (Thinkstock)

Stres nggak melulu dapat dihilangkan dengan makan, lo, Millens . Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredam stres tanpa harus makan.

Inibaru.id – Masalah yang datang dan nggak kunjung kelar bisa mengakibatkan stres. Kalau sudah stres, beragam cara dilakukan untuk menghilangkannya. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan makan.

Sayang, menghilangkan stres dengan makan justru memicu emotional eating atau dorongan makan berlebih yang dipicu karena emosi. Hm, alih-alih menghilangkan stres, emotional eating malah bikin asupan gula, garam, dan lemah di tubuh meningkat. Alhasil, stresmu makin bertambah karena bobot tubuh naik setelah mengalami emotional eating.

Lalu bagaimana cara meredam stres selain makan?  

Relaksasi

Ilustrasi mendengarkan musik. (Alodokter)

Stres merupakan ketegangan atau kekacauan mental dan emosional. Supaya stres dapat teredam, kamu bisa melakukan beberapa teknik relaksasi untuk membuat pikiranmu kembali tenang. Kamu bisa melakukan meditasi, mendengarkan musik klasik, minum teh hangat, atau pijat di salon. Selain membuat pikiranmu tenang, relaksasi juga dapat membuat otot-otot ditubuhmu nggak tegang dan santai.

Ibadah

Ilustrasi membaca Al-Quran. (Republika/ Agung Supriyanto)

Hal yang paling manjur dilakukan saat stres adalah ibadah. Yap, waktu ibadah, kamu bisa menceritakan segala hal sekaligus meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya setiap masalahmu bisa diselesaikan menurut yang terbaik bagi-Nya.

Jalan-Jalan di taman

Ilustrasi jalan-jalan di taman. (Expedia)

Kalau kamu sibuk bekerja atau beraktivitas dalam ruangan, rasa bosan bisa melandamu. Untung mengatasinya, kamu bisa melakukan kegiatan jalan-jalan ringan di taman saat sore atau malam hari untuk mencari udara segar. Suasana di luar ruangan juga akan memberikan energi padamu untuk kembali semangat. Ajaklah teman atau pasangan untuk menemanimu. Dijamin suasana hatimu akan kembali baik!

Mandi atau Berenang

Ilustrasi berenang. (Bolastylo.bolasport)

Dilasir dari Shape.com, sebuah studi asal Swiss menyebutkan dalam International Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh yang membantu menekan tingkat hormon stres. Kalau kamu nggak sempat pergi berenang, kamu bisa berendam di bathub atau merendamkan kedua kaki di ember berisi air hangat yang diberi aroma terapi. Oke beb?

Nonton film komedi

Ilustrasi nonton film komedi. (Negerisatu)

Ketika kamu merasa stres, cobalah untuk menonton video atau film lucu untuk meningkatkan mood kembali. Tertawa yang dilakukan saat melihat momen lucu juga dapat mengurangi stres dalam jangka panjang. Ini karena tertawa mampu mengurangi kadar hormon stres, kortisol, dan melepaskan endorfin yang membuatmu bahagia. Wah, yang satu ini benar-benar ampuh deh. Bahkan setelah kamu selesai menonton film lucu, efek tawa itu akan membekas sehingga membuatmu kembali ceria.

Olahraga

Ilustrasi olahraga. (Alodokter)

Olahraga sangat cocok dilakukan untuk melampiaskan stres. Saat berolahraga, kamu bisa melakukan stretching ringan yang berfungsi melemaskan otot, meningkatkan endorfin, dan melepaskan ketegangan tubuh. Melakukan olahraga rutin juga sama dengan melatih tubuh untuk merespon stres lebih baik, termasuk merespon dalam hal perubahan fungsi dan fisiologis tubuh. Olahraga juga dapat berdurasi cepat, otot menegang, dan tekanan darah.

Mengetahui Akar Masalah dan Cari Solusi

Ilustrasi curhat. (Trumzz)

Hal yang paling utama untuk menghilangkan stres selanjutnya adalah kamu harus mengetahui akar masalah yang menyebabkan dirimu stres. Setelah kamu mengetahui penyebabnya, carilah solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalahmu. Hadapi setiap masalah dengan cara yang benar dan tepat. Kamu nggak perlu takut melakukannya sendirian. Kamu bisa meminta bantuan dari orang-orang terdekat yang peduli padamu. Oke?

Nah, itulah beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres. Semoga berhasil dan tetap semangat ya! (IB07/E04)