Tips Merawat Tanaman Hias Begonia, Nggak Ribet Kok

Tips Merawat Tanaman Hias Begonia, Nggak Ribet Kok
Tanaman hias begonia, ada cara mudah untuk merawatnya. (Flickr/阿橋 HQ)

Kamu tertarik menanam tanaman hias begonia, Millens? Nah, biar bisa tumbuh dengan cantik, ada lo cara khusus untuk merawatnya. Yuk simak cara-caranya!

Inibaru.id – Tanaman hias begonia jadi salah satu tanaman yang diburu para penggemar tanaman hias di Indonesia. Masalahnya, meski dikenal sebagai tanaman yang cantik, kalau nggak dirawat dengan baik, bisa jadi tanaman hias begonia jadi mudah busuk. Kalau sudah begini, pasti kamu bakal sedih, bukan?

Nah, ternyata ada lo trik agar tanaman yang masuk dalam keluarga begoniaceae ini bisa tumbuh dengan subur dan mampu memancarkan keindahannya. Apa saja ya trik-triknya?

Perhatikan Media Tanam

Memang, semua tanaman bisa tumbuh asalkan kamu tempatkan di tanah yang subur dan rajin disirami. Namun, bukan berarti kamu bisa sembarangan menanam tanaman hias begonia. Kamu harus benar-benar menempatkannya di media tanam yang pas, Millens.

Jadi, sebaiknya kalau kamu membeli begonia, segera tempatkan ke dalam pot yang isinya adalah media tanam yang subur. Media tanam ini berupa campuran tanah yang diberi tambahan pupuk kandang serta sekam padi. Pastikan media tanam ini gembur.

Kamu juga harus memperhatikan ukuran media tanam jika begonia sudah semakin besar. Jangan terus-terusan ditempatkan di pot yang sama. Ganti ukurannya dengan yang lebih besar sehingga tanaman ini pun punya ruang untuk tumbuh.

Perhatikan Sinar Matahari

Tanaman yang mendapatkan sinar matahari yang cukup memang bisa tumbuh dengan baik, hanya, bukan berarti kamu asal menempakan begonia di tempat-tempat yang terpapar sinar matahari sepanjang waktu saat siang, ya. Sebaiknya, kamu menempatkannya di area yang nggak terpapar sinar matahari langsung.

Tanaman hias begonia harus dirawat agar nggak mudah membusuk. (Flickr/

snoozetin)
Tanaman hias begonia harus dirawat agar nggak mudah membusuk. (Flickr/ snoozetin)

Meski begitu, kamu bisa kok menempatkan di luar ruangan namun di bawah atap sehingga tetap bisa mendapatkan sinar matahari beberapa jam saja saat pagi hari. Nah, di siang hari di mana sinar matahari sangat terik dan menyengat, tanaman ini berada dalam kondisi yang teguh.

Kalau nggak ada tempat beratap bagi tanaman ini, kamu juga bisa lo menempatkannya di bawah paranet atau di dekat pohon yang rimbun. Kalau nggak, kamu bisa menempatkannya di dalam ruangan, tepatnya di dekat jendela.

Perhatikan Air untuk Menyiram

Menyiram tanaman secara rutin bagus untuk pertumbuhannya. Namun, khusus untuk tanaman hias begonia, sebaiknya kamu menyiramnya jika media tanamnya sudah mulai kering. Kalau terus disiram saat lembap, bisa jadi akan membuat akar atau batangnya busuk deh.

Perhatikan Pupuk

Sebaiknya, tanaman hias begonia dipupuk tiga bulan sekali. Nah, kamu juga harus memilih pupuk yang tepat seperti pupuk kompos dan pupuk kandang. Pupuk organik jauh lebih aman dan sehat bagi tanaman hias. Jika nggak, kamu juga bisa memakai pupuk kimia namun pastikan yang mudah larut di dalam air, ya?

Nah, nggak rumit kan merawat tanaman hias begonia? (Kom/IB09/E05)