Supaya Awet dan Nggak Mudah Rusak, Berikut Cara Merawat SD Card

Supaya Awet dan Nggak Mudah Rusak, Berikut Cara Merawat SD Card
Merawat SD Card. (Banggil15.blogspot.com)

Sering menemui SD card yang nggak terbaca atau data di dalamnya hilang secara tiba-tiba? Coba deh tips berikut biar SD card milikmu terlindungi.

Inibaru.id – Kartu memori atau yang kerap disebut SD card merupakan hal yang cukup penting bagi para pemilik ponsel. Mereka memanfaatkan SD card untuk menampung foto, video, dan dokumen agar bisa diakses dengan mudah di ponsel. Kendati kini sudah banyak ponsel yang memiliki kapasitas memory internal yang besar, SD card masih diminati masyarakat.

Namun, terkadang ada beberapa masalah yang terjadi pada SD card seperti corrupt, nggak bisa dibaca, bahkan data-datanya hilang. Kalau sudah begitu, kamu hanya bisa gigit jari ya, Millens. Nah, biar masalah tersebut nggak terjadi padamu, coba beberapa tips merawat SD card di bawah ini.

  1. Pilih SD Card dengan Kualitas Terbaik

Millens, saat membeli SD card, lebih baik kamu memilih SD card dengan kualitas yang terbukti bagus seperti dilansir dari Dianisa.com. Memang harganya cukup mahal, tapi sebanding dengan kualitas barang. Jangan mudah tergiur dengan harga murah dengan kapasitas besar karena terkadang kualitasnya nggak bagus.

Pilih SD Card bermerek dan berkualitas. (Tested.com)

  1. Lakukan Eject Sebelum Mengeluarkan SD Card

Meng-eject SD card sebelum dilepas bertujuan agar SD card nggak mudah error. Selain itu, meng-eject sebelum dilepas juga dapat menghindari data corrupt. Berikut langkah-langkah meng-eject.

  • Masuk ke pengaturan kemudian klik penyimpanan setelah itu klik pada pilihan lepaskan kartu SD
  • Kllik OKE jika muncul notifikasi
  • Keluarkan SD card dari slot SD card dalam ponselmu

Cara meng-eject SD card dari ponsel. (Heyriad.com)

  1. Jangan Terlalu Sering Memindahkan SD Card ke Ponsel Lain

Bisa jadi ini hal yang sering kamu lakukan yakni memindahkan SD card ke ponsel lain. Hal tersebut lebih baik dihindari karena dikhawatirkan bakal membuat SD card menjadi error dan bisa saja terkena virus. Lebih parahnya lagi, data-datamu bakal rusak, error, dan nggak terbaca.

Melepas SD card dari slot dalam ponsel. (Masyadi.com)

  1. Saat Mentransfer Data, Gunakan Card Reader dengan Kualitas Terbaik

Penggunaan card reader berkualitas akan menghindarkan SD card dari kemungkinan error atau corrupt data. Dengan card reader yang berkualitas, SD card akan tetap aman dan tentunya data di dalamnya juga terlindungi dengan baik. Oh iya Millens, jangan sampai SD card panas ya. Jangan lupa lakukan eject setelah selesai mentransfer data.

Card reader berkualitas. (Amazon.com)

  1. Jangan Menyambung ke Sembarang Komputer

Hindari menyambungkan SD card ke sembarang komputer ya, Millens. Sebelum menyambungkan, pastikan komputer tersebut nggak terjangkit virus, terutama komputer yang ada di warnet. Jika SD card disambungkan ke komputer yang nggak aman, bisa saja SD card jadi error dan data di dalamnya akan hilang. Duh, sedih banget kalau data hilang.

Menyambungkan ponsel ke sembarang komputer. (Macpoin.com)

  1. Lakukan Scanning Secara Rutin

Melakukan scanning secara rutin dengan antivirus terbaik akan menghindarkan SD card-mu dari virus yang dapat merusak data. Kamu bisa mengunduh antivirus pada App Store atau Google Play Store dengan mudah kok.

Antivirus untuk smartphone. (Youtube.com)

Merawat SD card adalah hal yang sangat penting supaya SD card milikmu nggak mudah rusak. Jadi, jangan malas merawatnya ya. (IB18/E04)