Tips Merawat Mobil di Musim Hujan, Biar Mesin Tetap Aman

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan, Biar Mesin Tetap Aman
Tips merawat mobil di musim hujan perlu kamu terapkan. (Flickr/ Sue Thompson)

Musim hujan sudah tiba. Mobil kamu pun bakal sering kehujanan dan berisiko terkena banjir. Nah, biar mesin mobilmu tetap aman, coba deh tips merawat mobil di musim hujan ini.

Inibaru.id – Musim hujan bisa bikin dilema sendiri bagi orang yang punya mobil. Adanya mobil bisa bikin tenang karena setiap kali melakukan perjalanan, nggak perlu kehujanan. Namun terkadang, hujan deras atau bahkan banjir bisa memberikan dampak buruk bagi mobil, lo.

Nah, biar nggak sampai terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, kamu harus tahu deh cara merawat mobil di musim hujan.

Lantas, apa sih yang perlu kita lakukan agar mobil, khususnya bagian mesinnya bisa tetap terawat dengan baik di musim hujan? Yuk simak!

1.       Rajin Periksa Mesin

Namanya juga punya kendaraan pribadi, hal pertama yang harus rajin kamu periksakan tentu saja adalah bagian mesinnya, Millens. Apalagi kalau kamu banyak mengerti soal mesin mobil, nggak ada salahnya kok kamu mengeceknya secara rutin. Saat akhir pekan atau waktu luang misalnya.

Kalau nggak mengerti soal mesin mobil, yang penting kamu rajin melakukan servis secara rutin, ya. Jadi, di sana para teknisi bisa memastikan apakah kendaraanmu ada dalam kondisi baik atau tidak. Kalau ada yang nggak beres, pasti bakal diperbaiki, deh.

Jangan lupa untuk rajin ganti oli, ya Millens. Hal ini agar proses pelumasan bagian dalam mesin bisa berlangsng dengan baik, deh.

Selain itu, kalau kamu merasakan ada yang salah atau nggak biasa dengan kendaraan kamu, apalagi usai terpapar banjir, jangan ragu deh segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

2.       Ban dan Rem Harus Selalu Rutin Dicek

Ban dan rem jadi bagian mobil yang harus diperhatikan saat musim hujan. (Flickr/

Jan-Erik Finnberg)
Ban dan rem jadi bagian mobil yang harus diperhatikan saat musim hujan. (Flickr/ Jan-Erik Finnberg)

Ini sangat penting, Millens. Maklum, di musim hujan, jalanan cenderung lebih basah dan licin. Bahkan, genangan air bisa saja bikin mobil susah dikendalikan. Karena alasan inilah bagian ban dan rem mobil kamu harus rajin kamu periksa.

Kalau ban sudah menipis atau rem sudah terasa nggak pakem lagi. Segera deh ganti ya. Ingat, ini buat keamanan kamu juga dalam berkendara.

3.       Air Hujan Bersifat Asam

Kamu tahu nggak kalau air hujan bersifat asam? Jadi, kalau mobil kamu sering kehujanan, segera deh siram dengan air biasa kalau sudah sampai tujuan agar air hujan bisa segera hilang. Jadi, badan dan cat mobil kamu nggak bakal terkena korosi deh.

Selain itu, kalau kamu di rumah, sebaiknya menempatkan mobil di bawah atap ya sehingga nggak kehujanan secara langsung.

4.       Rajin Dipanaskan, Ya?

Meski terkesan sepele, rajin memanaskan mobil bisa membuat kondisi mesin mobilmu tetap baik, lo. Apalagi di musim hujan yang membuat suhu udara jadi lebih dingin dari biasanya.

Dengan rajin memanaskan mobil meski jarang dipakai, hal ini membuat proses pelumasan bagian dalam mesin berlangsung dengan baik deh.

Nah, itu dia tips merawat mobil di musim hujan, Millens. (Tem/IB09/E05)