Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Biar Tahan Lama

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Biar Tahan Lama
Ada sejumlah tips menyimpan sayuran di kulkas. (Flickr/ Alabama Extension)

Ada beberapa cara untuk menyimpan sayuran di kulkas. Jika diterapkan, bisa membuat sayuran tahan lama dan nggak mudah membusuk. Yuk simak tips-tipsnya.

Inibaru.id – Keberadaan kulkas berhasil memudahkan banyak orang untuk menyimpan bahan makanan. Sebagai contoh, dengan adanya kulkas dan bagian freezer di dalamnya, kamu bisa menyimpan sayuran dan buah hingga berhari-hari. Kamu pun nggak perlu khawatir bahan makanan tersebut jadi membusuk.

Hanya, khusus untuk sayuran, bukan berarti kamu bisa menyimpannya dengan sembarangan. Ada lo sejumlah tips yang perlu kamu lakukan agar sayuran ini tetap awet dan berkualitas meski disimpan di kulkas dalam waktu yang lama. Nah, biar nggak bingung, yuk simak tips-tips berikut ini.

Atur Suhu dan Kelembapan Kulkas

Idealnya, suhu di kulkas diatur sekitar 1 sampai 4 derajat Celcius untuk menyimpan sayuran dan sejumlah bahan makanan basah. Jika lebih hangat, bisa jadi akan membuat sayuran mudah kering, layu, atau ditumbuhi bakteri pembusuk.

Nah, soal kelembaban, kamu bisa menjaganya dengan nggak terlalu sering menutup-buka kulkas. Selain itu, pastikan bantalan karet pintu kulkas nggak terganjal kotoran, ya. Jadi, kamu harus sering-sering membersihkannya, deh.

Sayuran Jangan Dicuci Sebelum Disimpan di Kulkas

Banyak orang mencuci sayuran dulu sebelum disimpan di kulkas. Sebenarnya, pilihan ini bisa dimengerti, sih. Apalagi jika sayuran dijual di tempat yang terlihat kotor. Tapi, kalau kamu mau menyimpannya di dalam kulkas, ada baiknya nggak mencucinya terlebih dahulu.

Sayuran sebaiknya nggak dicuci sebelum dimasukkan kulkas. (Flickr/

leosaumurejr)
Sayuran sebaiknya nggak dicuci sebelum dimasukkan kulkas. (Flickr/ leosaumurejr)

Kalau kamu melakukannya, sayurannya bakal jadi lebih lembap dan akhirnya lebih mudah membusuk. Nah, daripada hal ini terjadi, sebaiknya kamu menyimpan sayuran itu dalam wadah tertutup agar awet dan bakteri atau kotorannya nggak menyebar di dalam kulkas.

Perhatikan Cara Menyimpannya

-          Khusus untuk kangkung, bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis, harus diperhatikan karena mudah membusuk kalau nggak disimpan dengan baik. Nah, biar hal ini nggak terjadi, sebaiknya kamu membungkus sayuran-sayuran tersebut di dalam kertas. Setelahnya, masukkan sayuran dan kertas ini ke dalam wadah plastik atau wadah tertutup lainnya.

-          Sayuran dengan batang daun layaknya wortel sebaiknya dibuang dulu batangnya sebelum disimpan di dalam kulkas. Selain wortel, terong, cabai, bit, dan oyong juga sebaiknya dibuang dulu agar nggak mudah membusuk.

-          Jangan campurkan buah dan sayuran di dalam satu wadah yang sama. Buah-buahan memiliki gas etilen yang bisa membuat sayuran jadi lebih mudah membusuk. Apalagi jika buah-buahan tersebut adalah tomat, apel, alpukat, serta buah pir.

-          Kalau sayuran sudah dipotong, masukkan ke dalam freezer. Hanya, pastikan pula untuk menyimpannya di dalam wadah yang sudah ditutup rapat.

Sayuran yang Sebaiknya Nggak Disimpan di Kulkas

Daun kemangi, kacang hijau, kacang mete, kacang tanah, dan buah pisang sebaiknya nggak dimasukkan kulkas karena bisa cepat membusuk. Nah, kalau tomat, melon, dan rempah seperti jahe, kunyit, dan kencur sebaiknya nggak dimasukkan kulkas agar kualitas dan manfaat di dalamnya nggak berkurang.

Nah, mudah bukan tips menyimpan sayuran di dalam kulkas agar nggak mudah membusuk, Millens? (Hip/IB09/E05)