BerandaHits
Sabtu, 26 Nov 2022 16:25

Tips Menyimpan Daging Agar Tetap Berkualitas dari Chef Vindex

Tips Menyimpan Daging Agar Tetap Berkualitas dari Chef Vindex

Steak adalah salah satu makanan yang terbuat dari daging sapi. Untuk mendapatkan steak yang enak, daging harus dalam kondisi masih segar. (Shutterstock)

Chef asal Indonesia Vindex Tengker memberikan tips mudah memilih daging yang berkualitas dan bagaimana cara menyimpannya.

Inibaru.id - Ada beragam olahan daging sapi yang menggugah selera. Misalnya saja steak, rendang, sate, rawon, dan masih banyak lagi. Rasa lezat masakan-masakan itu salah satunya dipengaruhi oleh kualitas daging. Jadi, buat kamu yang akan memasak sajian tersebut, pastikan daging sapi yang kamu gunakan masih segar, ya!

Sayangnya, sebagian orang kesulitan membedakan daging yang kondisinya masih baik atau buruk. Sekilas daging yang dijual di pasar atau supermarket tampak sama saja.

Chef asal Indonesia Vindex Tengker memberikan satu tips sederhana agar kamu nggak bingung lagi menentukan kualitas daging, Millens. Tipsnya adalah kenali daging dari warnanya!

"Jadi, kalau milih daging yang bagus, dagingnya masih berwarna merah," kata Vindex, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut, Vindex menjelaskan, pada dasarnya memilih daging sapi yang berkualitas bagus adalah dengan melihat daging yang berwarna merah, nggak berlendir, dan baunya fresh.

"Basically, memilih daging yang bagus itu yang merah, nggak slimy, baunya juga fresh gitu ya. Fresh daging. Itu saja sih yang penting yang perlu dilihat," kata Vindex.

Tips Menyimpan Daging

Kamu harus menyimpan daging di suhu yang dingin seperti di dalam kulkas atau freezer. (pxhere)
Kamu harus menyimpan daging di suhu yang dingin seperti di dalam kulkas atau freezer. (pxhere)

Setelah kamu berhasil mendapatkan daging yang berkualitas baik, jangan lupa menyimpannya dengan cara yang benar, ya! Berikut adalah saran penyimpanan daging sapi dari Chef Vindex.

Simpan di Kulkas

Jika kamu akan mengolah daging sapi paling nggak dalam waktu tiga hari, sebaiknya simpan di suhu kulkas.

"Kalau di rumah, daging yang mau dipakai itu biasanya harus dihabiskan paling nggak tiga hari. Itu di suhu kulkas berarti 5 sampai 10 derajat Celsius," ujar Vindex.

Simpan di Freezer

Lain lagi jika kamu akan menyimpan daging dalam waktu lama. Chef Vindex menyarankan agar daging dimasukkan ke dalam freezer.

"Kalau mau disimpan lebih lama mending di freezer. Jadi daging tahan bisa sampai satu sampai dua bulan," tambahnya.

Bungkus dengan Plastik Wrap

Bagaimana cara membungkus daging? Vindex menyarankan untuk membungkus daging dengan plastik wrap atau dengan wadah yang kedap udara. Dengan begitu, daging akan terjaga kualitasnya dan terhindar dari bakteri.

"Harus di-wrap ya. Kalau dimasukkan ke dalam kulkas pun harus di-wrap. Kalau di freezer juga sama. Mesti di-wrap plastik atau ditaruh di tempat yang kedap udara," pungkasnya.

Nah, tips dari Chef Vindex ini cukup mudah dimengerti kan, Millens? Jadi, selamat masak daging dan makan enak, ya! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Ini Tips Memilih Daging Berkualitas dari Chef Vindex.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved