Tips Menu Sahur bagi Penderita Diabetes, Enak dan Aman Kok!

Tips Menu Sahur bagi Penderita Diabetes, Enak dan Aman Kok!
Tips menu sahur bagi penderita diabetes. (Flickr/ Vee Satayamas)

Penderita diabetes nggak bisa sembarangan berpuasa atau makan makanan di bulan puasa. Berikut adalah tips menu sahur bagi penderita diabetes agar tetap sehat.

Inibaru.id – Berpuasa di bulan Ramadan menjadi hal yang gampang-gampang susah bagi penderita diabetes. Maklum, mereka nggak bisa sembarangan makan dan minum. Bahkan, berpuasa sendiri bisa jadi hal yang berbahaya kalau mereka melakukannya tanpa persiapan yang tepat. Nah, ada nggak sih menu sahur bagi penderita diabetes yang sesuai dengan kondisi mereka?

Jadi gini, Millens, penderita diabetes harus berkonsultasi dulu ke dokter apakah mereka boleh berpuasa atau nggak. Nah, kalau boleh, mereka bisa kok melakukannya dengan memperhatikan apa yang dimakan saat sahur dan berbuka.

Kalau soal sahur, ada kok tips menu sahur bagi penderita diabetes. Mereka tetap bisa makan enak, kok. Yuk, simak!

1.       Nasi Merah

Nasi merah. (Flickr/

Dennis Sylvester Hurd)
Nasi merah. (Flickr/ Dennis Sylvester Hurd)

Beda dengan kebanyakan orang Indonesia yang suka makan nasi putih, apalagi yang masih hangat, penderita diabetes nggak bisa sembarangan memakannya. Mereka pun sangat disarankan untuk mengonsumsi nasi merah yang lebih sehat dan aman bagi kadar gula darah di dalam tubuhnya.

Indeks glikemik nasi merah jauh lebih rendah dari nasi putih. Maksud dari indeks glikemik ini adalah kemampuan makanan meningkatkan kadar gula darah dari tubuh orang yang mengonsumsinya. Nah, usai memakan nasi merah ini, penderita diabetes nggak mudah mengalami lonjakan kadar gula darah, deh.

Nasi merah juga tinggi kandungan serat. Jadi, usai memakannya, penderita diabetes bakal kenyang lebih lama. Mereka nggak bakal kelaparan atau bahkan mengalami penurunan kadar gula darah secara drastis yang bisa membahayakan kondisinya.

2.       Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak. (Flickr/Marco Verch)
Daging tanpa lemak. (Flickr/Marco Verch)

Siapa bilang penderita diabetes nggak bisa makan-makanan enak. Mereka masih bisa lo makan daging, asalkan yang tanpa lemak. Selain itu, cara mengolah daging tanpa lemak ini juga harus diperhatikan. Sebaiknya dipanggang saja, bukannya yang dibakar, apalagi yang digoreng. Porsinya juga jangan berlebihan, ya?

3.       Brokoli

Brokoli. (Flickr/Julie Magro)
Brokoli. (Flickr/Julie Magro)

Sayuran hijau lezat ini juga cocok untuk dijadikan menu sahur penderita diabetes. Kandungan di dalam brokoli seperti sulforaphane bisa membantu mengendalikan kadar gula darah sekaligus menjaga kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kamu tahu kan, Millens, kalau penderita diabetes rentan terkena penyakit-penyakit pada organ kardiovaskular itu?

4.       Daging Ikan Laut

Daging ikan laut. (Flickr/Audrey - Moohaha)
Daging ikan laut. (Flickr/Audrey - Moohaha)

Makanan lezat lain yang bisa dijadikan menu sahur penderita diabetes adalah daging ikan laut. Hanya, pastikan bahwa daging ikan laut ini tanpa lemak dan tinggi kandungan omega 3 layaknya salmon, tuna, atau sarden. Pastikan juga ya daging ikan laut ini dikukus atau dipanggang saja agar lebih sehat untuk dikonsumsi.

5.       Oatmeal

Oatmeal. (Flickr/

やましこ)
Oatmeal. (Flickr/ やましこ)

Kalau nggak mau ribet, bisa kok sahur dengan oatmeal. Meski begitu, pastikan nggak diberi tambahan gula atau susu. Berikan saja buah-buahan yang sehat sebagai topping-nya, ya?

Jadi, nggak sulit kan memilih menu sahur bagi penderita diabetes? Enak dan lezat, kok! (Tri/IB09/E05)