Jangan Stres, Ini Tips Hadapi Keusilan Toxic Worker

Kamu pusing karena jadi salah satu sasaran ulah menyebalkan rekan kerja beracun? Jangan menyerah dulu. Nih, simak tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi toxic worker.

Jangan Stres, Ini Tips Hadapi Keusilan <em>Toxic Worker</em>
Rekan kerja yang beracun membawa dampak negatif bagi karyawan lain dan perusahaan. (sheknows.com)

Inibaru.id - Pernahkah kamu terjebak dalam lingkungan kerja dengan teman-teman yang toxic? Yup toxic worker (karyawan beracun) digambarkan oleh seorang pengusaha Kim Lachance Shandrow di Bussiness Insider sebagai karyawan penggosip, penindas hingga pemalas. Dia bahkan mengumpamakan toxic worker sebagai sel kanker.

Kehadiran toxic worker nggak hanya merusak, tapi juga mengganggu kinerja teman kerja lho. Mereka melumpuhkan moral, kinerja dan produktivitas rekan kerja seperti yang ditulis Michael Housman pada risetnya “Toxic Workers” pada 2015. Lalu bagaimana sih cara menghadapi teman kantor yang toxic seperti ini?

Cari Tahu Masalah si Toxic Worker

Kamu bisa mendekatinya dan mencari tahu bagaimana perilaku dan masalah yang sedang dia hadapi. Bisa jadi perilakunya disebabkan masalah yang tengah mengganggu pikirannya. Jika sudah, kamu bisa membantu menyelesaikan masalahnya.

Beberkan Kerugian Bagi Pegawai Lain dan Perusahaan Padanya

Satu lagi trik jitu untuk menghadapi karyawan beracun adalah membeberkan kerugian yang mungkin ditimbulkannya. Katakan pula bahwa karyawan lain jadi nggak nyaman dan kurang produktif karena perilakunya. Katakan juga dia bisa saja kehilangan pekerjaan karena sikap tersebut.

Dokumentasikan Pelanggaraan

Jika kedua tips di atas kurang manjur, kamu bisa mendokumentasikan pelanggaran yang telah dia lakukan. Namun jika kamu adalah pemilik perusahaan, kamu bisa menawarkan opsi agar dia berubah. Memisahkan meja kerjanya dari karyawan lain juga bisa kamu lakukan.

Lalu bagaimana jika kamulah toxic worker-nya? Heisi Gant, seorang psikolong sosial menyarankan agar kamu meluangkan waktu untuk introspeksi diri.

Jadi gimana Millens? Tips di atas patut banget dicoba ya untuk menghadapi toxic worker. (IB27/E05)