Tips Mengatasi Cegukan Saat Puasa, Nggak Bikin Batal, Kok

Tips Mengatasi Cegukan Saat Puasa, Nggak Bikin Batal, Kok
Mengatasi cegukan saat puasa, nggak harus minum, kok. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Biasanya, kita mengatasi cegukan dengan minum air. Nah, kalau puasa, kita kan nggak boleh minum, ya? Lantas, seperti apa ya cara mengatasi cegukan saat puasa yang nggak perlu bikin batal?

Inibaru.id – Cegukan saat puasa adalah hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana nggak, jika biasanya kita bisa mengatasinya hanya dengan minum air, saat puasa kita nggak bisa melakukannya. Lantas, apa ada tips mengatasi cegukan saat puasa tanpa perlu membuatnya batal?

Untungnya, kamu nggak harus minum untuk mengatasi cegukan, lo. Ada kok sejumlah cara untuk mengatasinya dan tetap membuatmu bisa berpuasa hingga waktu berbuka. Berikut adalah tips-tips tersebut.

1.       Menahan Napas

Metode mengatasi cegukan saat puasa yang pertama adalah dengan menahan napas. Banyak pakar kesehatan merekomendasikan ini karena dianggap semanjur minum air. Nah, untuk melakukannya, kamu harus menahan napas terlebih dahulu.

Tariklah napas sedalam-dalamnya. Setelah itu, tahan udara di dalam paru-paru setidaknya 10 detik. Nah, kamu bisa mulai mengeluarkan udara dengan pelan. Cobalah untuk melakukan trik ini sekitar 3 atau 4 kali berturut-turut hingga cegukan hilang.

Kalau hal ini belum juga berhasil, cobalah lagi setengah jam kemudian. Biasanya sih trik ini cukup ampuh untuk mengatasi cegukan saat puasa.

2.       Gunakan Kantong Plastik

Kantong kertas jarang ada di Indonesia. Jadi, kita bisa menggunakan kantong plastik. Pastikan ukurannya cukup besar, ya. Nah, kalau kamu cegukan saat puasa, cobalah bernapas dengan menggunakan kantong plastik ini.

Cegukan tentu akan sangat mengganggu ibadah puasa kamu, Millens. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Cegukan tentu akan sangat mengganggu ibadah puasa kamu, Millens. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Bernapasnya dengan mulut, ya Millens. Lalu, tutupi mulut kamu dengan kantong plastik itu. Dengan bernapas memakai alat ini, tubuh kamu akan kembali menghirup karbon dioksida. Tujuannya agar otot perut nggak lagi kejang, jadi lebih lemas, dan akhirnya menghentikan kontraksi.

3.       Peluk Lutut Kamu

Metode sederhana ini nggak memerlukan alat, kok. Kamu tinggal duduk dan cobalah untuk memeluk lutut kamu sendiri. Posisinya persis seperti orang yang sedang bersedih. Nah, cara ini konon cukup ampuh untuk mengatasi cegukan saat puasa.

Hal ini disebabkan oleh posisi tubuh yang membut otot perut jadi lebih tertahan. Otomatis, diafragma pun nggak bisa berkontraksi seperti biasa. Lambat laun, otot perut pun jadi lebih lemas dan cegukan pun jadi hilang.

4.       Keluarkan Lidah

Cara ini memang sedikit konyol, tapi ada yang percaya jika trik ini cukup ampuh mengatasi cegukan saat puasa. Jadi, kalau kamu mengeluarkan atau menjulurkan lidah, akan membuat otot tenggorokan terkontraksi. Dampaknya kontraksi pada otot perut pun bisa berkurang, Millens.

Meski begitu, trik ini sepertinya bakal kurang cocok kamu lakukan kalau sedang ada di depan banyak orang atau di acara yang resmi. Bisa jadi malah kamu terlihat konyol, deh. Jadi, trik ini sebaiknya dilakukan pas kamu sedang sendirian saja, ya?

Dari berbagai tips mengatasi cegukan saat puasa di atas, mana yang menurutmu paling manjur, Millens? Pokoknya aman nggak perlu minum, ya? Haha. (Hip/IB09/E05)