Tips Mencuci Talenan Agar Terbebas dari Kuman

Tips Mencuci Talenan Agar Terbebas dari Kuman
Berbagai tips merawat talenan. (Flickr/Marco Verch)

Banyak orang masih menganggap remeh kebersihan talenan. Padahal, talenan bisa dipenuhi dengan kuman jika nggak dibersihkan dengan baik. Kuman-kuman ini bisa menyebabkan datangnya penyakit. Yuk, simak cara membersihkan talenan agar terbebas dari kuman!

Inibaru.id - Saat memasak, kamu pasti sempat memotong bahan makanan yang akan diolah. Kamu pun membutuhkan talenan untuk memotongnya. Hanya, talenan ini harus berada dalam kondisi bersih dan bebas kuman. Kalau nggak, bahan makanan yang akan kamu santap bisa dipenuhi dengan kuman penyebab penyakit.

Masalahnya, kebanyakan orang memakai satu talenan untuk memotong semua jenis bahan makanan, baik daging, sayur, dan lain-lain. Hal ini bisa membuat kuman menyebar. Karena alasan inilah kamu harus cermat saat membersihkan talenan sebelum digunakan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencuci talenan agar bebas kuman. Yuk, simak!

1. Cuci dengan Sabun Pencuci Piring

Kamu bisa mencucinya dengan sabun. (Depositphotos)
Kamu bisa mencucinya dengan sabun. (Depositphotos)

Mencuci talenan dengan air saja nggak cukup untuk membersihkan kuman atau bakteri yang tersisa di talenan. Kamu harus mencucinya dengan sabun pencuci piring.

Siapkan sabun pencuci piring, lalu siram talenan yang telah dipakai dengan air panas. Kemudian, usap seluruh bagian badan talenan dengan bersih. Setelah itu, bilas kembali dengan air panas agar kuman benar-benar mati.

2. Cuci dengan Cairan Pemutih

Coba bersihkan dengan pemutih, (idntimes.com)
Coba bersihkan dengan pemutih, (idntimes.com)

Selain dengan sabun, kamu juga bisa mencucinya dengan cairan pemutih. Campur satu sendok makan cairan pemutih dengan sekitar 3 liter air. Lalu, rendam talenan dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih lalu keringkan.

3. Cuci dengan Cuka

Cuci dengan campuran cuka (Shutterstock)
Cuci dengan campuran cuka (Shutterstock)

Cuka dapat digunakan untuk mencuci talenan. Kamu bisa memakai cuka dengan campuran produk bahan kimia. Tuangkan cuka yang dicampur dengan air dengan perbandingan 1:4.

Rendam talenan yang sudah dibersihkan dengan air cuka. Namun perhatikan waktu merendam, jangan rendam terlalu lama agar talenan kayu nggak mudah rusak.

4. Campuran Lemon dan Garam

Gunakan lemon untuk membersihkan (meramuda.com)
Gunakan lemon untuk membersihkan (meramuda.com)

Campuran lemon dan garam bisa menjadi pilihan untuk membersihkan talenan. Kamu cukup menaburkan garam pada talenan untuk membersihkannya. Kamu bisa menggunakan garam laut atau garam lain yang memiliki ukuran butiran besar. Gosok sampai merata hingga ke semua sisi. Diamkan kira-kira selama 5 menit. Setelahnya, bilas dengan air.

5. Merawat Talenan plastik

Talenan plastik (Shutterstock)
Talenan plastik (Shutterstock)

Meskipun biasanya talenan berbahan dasar kayu, namun ada banyak orang yang memakai talenan berbahan dasar plastik. Talenan ini biasanya digunakan untuk memotong sayur atau buah-buahan.

Menjaga kebersihan talenan plastik juga nggak berbeda dengan talenan kayu. Kamu bisa membersihkannya dengan air panas dan sabun pencuci piring. Untuk menghilangkan bekas noda, kamu juga bisa menggunakan baking soda dan campuran garam yang dilarutkan dengan air. Setelahnya, tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air.

Nah, kamu bisa menerapkan cara di atas agar talenanmu tetap bersih. Pastikan rajin membersihkannya agar bebas kuman, ya, Millens? (Cnn/Mg31/E07)