Tips Mencari ATM dan SPBU Lewat Google Maps

Tips Mencari ATM dan SPBU Lewat Google Maps
Tips mencari ATM dan SPBU selama mudik dengan Google Maps. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman yang jauh, terkadang membutuhkan SPBU atau ATM, ya? Nah, untuk mencarinya, tinggal memakai aplikasi Google Maps, kok. Begini caranya.

Inibaru.id – Mudik Lebaran 2022 disambut dengan antusias oleh masyarakat. Maklum, dua Lebaran sebelumnya penuh dengan pembatasan akibat pandemi Covid-19. Nah, kalau kamu melakukan perjalanan jauh saat mudik, pastikan untuk lebih cermat dalam menggunakan teknologi seperti Google Maps, termasuk dalam hal mencari ATM dan SPBU lewat aplikasi tersebut, ya?

Teknologi zaman sekarang memang memungkinkan kita untuk mencari banyak hal hanya dengan ponsel. Hal yang sama bisa kamu lakukan jika sedang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman yang cukup jauh. Kamu bisa mencari ATM, SPBU, tempat makan, masjid, dan tempat-tempat lain yang sekiranya perlu untuk disinggahi selama perjalanan.

Meski begitu, kalau nggak cermat, terkadang Google Maps bisa bikin kamu kesasar, lo, Millens. Sudah berkali-kali kasus orang yang tersesat atau malah masuk ke dalam hutan, jalan setapak, dan lain-lain gara-gara mengikutinya. Nah, biar nggak sampai kejadian ini menimpa kamu, coba deh perhatikan sejumlah tips berikut ini.

·         Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Maps di ponsel.

·         Ingat ya, fitur “Location” atau “GPS” sudah harus diaktifkan.

·         Nah, kamu tinggal mengetik “ATM” atau “SPBU” di kolom pencarian. Menambahkan kata “Terdekat” setelah “ATM” atau “SPBU” juga boleh.

Pastikan menggunakan Google Maps saat posisi tidak sedang mengemudi ya? (Inibaru.id/Triwanda Tirta Aditya)
Pastikan menggunakan Google Maps saat posisi tidak sedang mengemudi ya? (Inibaru.id/Triwanda Tirta Aditya)

·         Nantinya akan keluar pilihan ATM atau SPBU terdekat dengan lokasi kamu. Pilih yang sekiranya sejalur atau paling sesuai dengan kebutuhan.

·         Klik “Rute” untuk mendapatkan jalur ke lokasi yang kamu tuju.

·         Ikuti arahan dari aplikasi sampai ke tujuan.

Ingat, kamu nggak boleh menggunakan ponsel saat berkendara, ya. Sebaiknya, minta bantuan orang lain untuk membaca peta. Jika kamu berkendara sendiri, sebaiknya mencarinya di ponsel saat kendaraan sedang berhenti.

Jika perlu, pasang ponsel di tempat khusus di mana kamu bisa mengecek rute Google Maps sembari mengemudi. Kalau nggak, pasang volume ponsel paling besar sehingga kamu bisa mendengarkan arahan dari Google terkait jalur yang harus kamu ambil. Jadi, kamu nggak perlu sering-sering mengecek layar ponsel sembari mengemudi deh.

Hati-hati saat mudik ya, Millens. Nggak perlu ngebut. Yang penting selamat sampai tujuan sehingga bisa berlebaran dengan keluarga. (Kom/IB09/E05)