Tips Hidup Minimalis ala Jepang bagi Anak Kos

Tips Hidup Minimalis ala Jepang bagi Anak Kos
Tips hidup minimalis ala Jepang juga bisa diterapkan anak kos, lo. (Inibaru.id/Audrian F)

Kalau nggak pandai-pandai mengatur kamar kos, bisa jadi kamarmu bakal penuh, sesak, dan ngak nyaman. Nah, biar hal itu nggak terjadi, coba deh kamu menerapkan tips hidup minimalis ala Jepang ini.

Inibaru.id – Namanya juga anak kos, pasti sebisa mungkin harus bisa berhemat. Kecuali kamu berasal dari keluarga sultan, ya Millens. Nah, biar kamu bisa tetap hemat dan nyaman selama jadi anak kos, nggak ada salahnya lo mencontek gaya hidup minimalis ala Jepang. Dijamin bikin hidupmu jadi semakin mudah, deh.

Nah, berikut adalah sejumlah tips hidup minimalis ala Jepang bagi anak kos yang bisa kamu terapkan. Yuk, simak!

Jangan Sembarangan Membeli Barang yang Sudah Ada

Simpelnya begini sih, Millens. Kalau kamu sudah punya tas 2, sebaiknya nggak lagi membelinya lagi, deh. Kalau kondisinya masih baik, tas itu bisa kamu pakai bergantian, bukan? Kamu juga sebaiknya nggak menumpuk terlalu banyak baju hanya karena kamu suka atau menganggapnya lucu saja.

Bahkan, untuk hal-hal kecil seperti pulpen atau boneka, sebaiknya kamu nggak membelinya jika memang sudah ada di kamar. Hal ini bisa membuat kamu nggak menumpuk barang-barang. Kamu tahu sendiri kan, barang yang terlalu banyak bisa membuat kamarmu jadi lebih sempit.

Nah, kalau kamu merasa barang di kamar kamu sudah terlalu banyak, coba deh dipilah-pilah. Kalau ada yang sekiranya sudah nggak terpakai atau sudah rusak, bisa kamu sumbangkan atau buang, deh.

Jangan Berlebihan Menyetok Barang

Terkadang, karena ada diskon, kamu membeli banyak barang agar bisa berhemat. Sebagai contoh, kamu bisa membeli tisu, sabun, deterjen, dan lain-lain dalam jumlah banyak. Meski terlihat sebagai sesuatu yang pintar, sebenarnya hal ini bisa bikin kamar kamu penuh sesak, lo.

Ilustrasi: kamar kos. (Amrhy.blogspot.co.id)
Ilustrasi: kamar kos. (Amrhy.blogspot.co.id)

Memang, diskon bisa bikin kamu mendapatkan harga lebih murah. Hanya, diskon ini pasti muncul hampir setiap bulan atau beberapa minggu sekali. Di lain waktu, kamu tetap bisa mendapatkannya, kok.

Nggak Perlu Terobsesi untuk Mengoleksi Barang

Kecuali kalau kamu punya banyak uang dan memang hobi, nggak perlu deh mengoleksi barang atau pernak-pernik. Pada akhirnya bakal bikin kamar kos kamu jadi makin sesak deh. Selain itu, terkadang sudut-sudut kamar kos yang kosong bisa jadi berkah tersendiri.

Contohnya nih, kamu bisa menempatkan barang-barang yang mendadak perlu disimpan di dalam kamar. Ada ruang kosong yang masih bisa kamu pakai. Hal ini tentu nggak bakal membuat kamarmu jadi terlihat penuh, deh.

Nggak Usah Malu Meminjam

Kalau kamu butuh buku, nggak usah malu meminjam untuk keperluan mengerjakan tugas atau sekadar dibaca. Toh setelah selesai, biasanya bakal nggak lagi sering dipakai, bukan? Nah, untuk beberapa benda lain yang sekiranya hanya sekali pakai saja dan bisa meminjam, coba deh lakukan trik ini agar kamar kamu tetap minimalis, lega, dan nyaman.

Jadi, sudah tahu kan tips-tips minimalis ala Jepang yang bisa diterapkan di kamar kos kamu, Millens. (Kom/IB09/E05)