Tips Hemat Kuota Zoom Agar Nggak Boros

Tips Hemat Kuota Zoom Agar Nggak Boros
Tips agar kuota internet zoom nggak boros. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Adiya)

Sejak pandemi, segala hal diubah jadi serba daring. Nah, salah satu aplikasi yang mendukung aktivitas ini adalah Zoom Meeting. Nah, berikut adalah tips menghemat kuota Zoom agar nggak boros.

Inibaru.id – Salah satu aplikasi yang naik daun di masa pandemi Covid-19 adalah Zoom Meetings. Aplikasi ini dipakai untuk pertemuan daring, baik itu untuk keperluan pekerjaan atau untuk keperluan sekolah.

Masalahnya, penggunaan Zoom Meetings bisa bikin kuota internet kamu boros. Untungnya, ada lo tips menghemat kuota Zoom.

Ada banyak alasan yang membuat kuota internet Zoom jadi boros. Biasanya sih kalau durasi pertemuan lumayan lama. Padahal, banyak sesi belajar atau pertemuan pekerjaan daring yang butuh waktu lumayan lama. Hm, lantas, gimana dong biar nggak boros?

Biar kamu nggak makin bingung, coba dulu deh berbagai tips berikut ini agar kuota internetmu nggak tekor walau sering memakai Zoom Meetings.

1.       Kalau Nggak Dibutuhkan, Matikan Saja Kameranya

Nah, tips ini bisa kamu gunakan kalau pertemuan daring yang kamu ikuti nggak resmi. Contohlah, ada guru yang memberikan pelajaran ke murid-muridnya. Terkadang, murid-murid nggak perlu menyalakan kamera saat guru menjelaskan.

Selain itu, ada sejumlah kantor yang cenderung lebih santai saat melakukan rapat. Nah, jika memang nggak perlu menyalakan kamera, bisa-bisa saja kok dilakukan. Caranya juga sangat mudah. Kamu tinggal memilih opsi “Turn Off Camera” tatkala anda mulai bergabung di ruang rapat.

Menariknya, kalau kamu adalah host, juga bisa lo menonaktifkan kamera peserta meeting lainnya. Manfaatnya sama, ya biar nggak boros kuota internet.

Cek Kualitas Video

Cara lain agar kuota internet kamu nggak boros adalah dengan mengecek kualitas video saat pertemuan. Kalau kamu mengaktifkan pilihan tampilan video dengan resolusi High Definition (HD), ya tentunya bakal bikin kuotamu boros. Nonaktifkan pilihan ini agar kualitas video saat pertemuan biasa-biasa saja.

Caranya kamu bisa masuk ke bagian Settings atau Pengaturan. Pilihlah opsi Video. Setelahnya, cek bagian My Video. Kamu tinggal menghapus centang pada pilihan “Enable HD”.

Zoom memang bisa boros kalau kamu nggak memperhatikan beberapa hal saat memakainya. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Zoom memang bisa boros kalau kamu nggak memperhatikan beberapa hal saat memakainya. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Matikan Mikrofon Kalau Sedang Nggak Bicara

Jadi gini, Millens. Nggak hanya kamera yang perlu dimatikan kalau memang nggak perlu, mikrofon juga sebaiknya diperlakukan seperti itu.

Caranya mudah, kok, Millens. Kamu tinggal masuk ke bagian Pengaturan dan memilih opsi Audio. Setelahnya, kamu tinggal mencentang opsi-opsi berikut ini.

-          Automatically Join Audio by Computer When Joining a Team.

-          Mute My Microphone When Joining a Meeting.

-          Press and hold Space Key to Temporarily Unmute Yourself.

-          Sync Button on Headset.

Perhatikan Apakah Ada Aplikasi Lain yang Terbuka Saat Meeting

Kalau kamu juga membuka video Youtube, streaming musik, memainkan gim daring, dan lain-lain. Tentu saja kuota internetnya bakal boros. Nah, biar lebih hemat, pilihlah aplikasi yang sekiranya paling penting untuk aktivitas kamu sehari-hari.

Nah, itu tips menghemat kuota internet Zoom, Millens. Mau coba? (Idn/IB09/E05)