Cara Bermedsos yang Menguntungkan

Nggak hanya untuk mencari hiburan dan menjalin komunikasi, media sosial juga bisa menghasilkan uang. Gimana caranya?

Cara Bermedsos yang Menguntungkan
Media sosial. (Oketekno.com)

Inibaru.id – Hampir nggak mungkin generasi millenials atau sesudahnya gaptek bermedia sosial, kecuali memang nggak menginginkannya. Kita hampir selalu punya akun Facebook, Twitter, Instagram, bahkan Youtube. Selain sebagai bentuk eksistensi diri, medsos juga menguntungkan. Kita tahu itu. Namun, nggak semuanya tahu gimana memanfaatkannya.

Yap, nggak banyak yang tahu gimana pembuat konten a.k.a. content creator bisa membuat medsosnya jadi menarik diikuti orang, sebab hanya dengan cara itu medsos punya nilai jual. Dengan menjadi populer, kita bisa membuat orang "ngiklan" di medsos kita, baik dalam bentuk sponsor, endorsemen, dan iklan. Lalu, apa yang bisa bikin kita populer.

Pertama, pantau tren terbaru! Di era digital, mengikuti tren adalah sebuah keharusan. Beberapa orang bisa terkenal lantaran tampil berbeda, tapi nggak banyak. Maka, ikutilah arus, tapi inovatif. Jangan sampai konten yang kita miliki terkesan kuno dan kurang diminati.

Baca juga:
"Yowis Ben", Film Bayu Skak yang Bakal Bikin Kamu Kenal Kota Malang
Untuk Kali Pertama Film Korea Raih Penghargaan BAFTA

Caranya? Mulailah membuat konten berdasarkan isu yang tengah viral di masyarakat. Amati fenomena yang terjadi di sekitar. Jangan lupa perhatikan penggunaan judul, caption, dan tagar konten agar unggahan kita bisa dengan mudah ditemukan.

Kedua, miliki konten yang unik! Setelah ikut tren, baru berinovasi dengan membuat konten yang unik. Ya, mengikuti tren saja nggak cukup. Tampil beda dalam menyajikan sebuah konten akan memberikan ciri khas tersendiri bagi akunmu. Lakukan riset dan beberapa percobaan pada sejumlah topik agar lebih meyakinkan.

Menampilkan perpektif yang berbeda juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengikut media sosial.

Ketiga, konsisten dan kontinyu mengunggah konten. Untuk menjaga engagement, konsisten mengunggah konten nggak hanya mampu menjaga jumlah pengikut, tapi juga meningkatkan jumlah tersebut secara signifikan. Cobalah buat jadwal rutin setiap pekan untuk mengunggah konten, lakukan hal ini secara teratur agar konsisten.

Baca juga:
Erupsi Bertubi-tubi Sinabung setelah “Tidur” Panjang
ambang Pamungkas Akan Menyanyikan Tembang Pucung dalam “Srikandi Nekat”

Keempat, berkolaborasilah! Lakukan kolaborasi dengan brand terkenal atau pemilik akun populer lain. Dengan kolaborasi, besar kemungkinan akun kita akan diikuti lebih banyak orang. Selain itu, cara ini juga bisa mengembangkan ide menjadi lebih inovatif dan kreatif.  

Gimana? Sudah punya gambaran, kan? Yeah, tentu saja strategi satu orang dengan orang lain bakal beda ya, Millens. Yuk, manfaatkan medsosmu untuk dapat duit! (MEI/GIL)