Tips dan Trik Bikin Rumah Mungil yang Nyaman

Tips dan Trik Bikin Rumah Mungil yang Nyaman
Rumah mungil juga bisa kok ditata sedemikian rupa biar tetap rapi dan nyaman. (Freepik)

Saat bicara rumah yang nyaman tentunya akan terbayang suasana hunian yang bersih dan rapi. Tapi sayangnya tidak semua orang dapat mewujudkannya dengan mudah karena memiliki barang yang cukup banyak.

Inibaru.id - Hal ini mungkin nggak jadi masalah bagi mereka yang memiliki ruangan dengan kapasitas besar, tapi bagaimana dengan area mungil? Nggak perlu khawatir, ada solusi lo untuk mengatasi itu. Yuk, disimak!

1. Membersihkan secara Teratur

Paham banget deh, kalau mengatur dan meletakan benda-benda yang sudah menumpuk dalam jumlah yang banyak akan sangat memusingkan. Sehingga lakukanlah satu per satu, tidak perlu terburu-buru, cukup pastikan semua barang sudah terorganisir dengan baik. Untuk mempermudah, kamu bisa bisa membuat jadwal yang dibuat dengan terperinci, misalnya membersihkan per area ruangan.

2. Membuat Prioritas

Kalau kamu bingung memulainya dari mana, cobalah untuk membuat prioritas ruangan yang perlu didahulukan. Misalnya area kamar tidur, yang mana digunakan setiap hari untuk beristirahat. Untuk area ini kamu bisa membuat suasana yang lebih nyaman dengan menggunakan beberapa produk penting seperti gantungan baju yang akan memberikan space lebih pada ruangan. Selain itu tambahkan beberapa rak susun yang sangat berguna untuk meletakkan pajangan atau foto manis bersama keluarga. Terbayang bukan dengan satu perabotan Anda sudah bisa mendapatkan beberapa fungsi sekaligus.

3. Berkomitmen Kuat

Karena membersihkan dan mengatur rumah bukanlah perkara mudah, serta memerlukan waktu maka kamu perlu memiliki komitmen yang kuat untuk melakukannya dari waktu ke waktu. Memang ini menyulitkan pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu kamu bakal terbiasa dan bisa menikmati semua prosesnya.

4. Menghadiahkan barang

Daripada menyimpannya dan tidak menggunakannya, ada baiknya untuk memberikan kepada teman atau keluarga sebagai hadiah. Dalam konteks ini pilihlah jenis barang yang mungkin berguna dan dibutuhkan misalnya seperti buku, baju, atau aksesoris. Pastikan untuk memberikan barang dengan kualitas yang masih dalam kondisi terbaik kepada orang yang tepat.

5. Menyortir Barang

Agar membersihkan semakin mudah, tentunya kamu harus bisa menyortir barang-barang mana yang masih kamu perlukan atau tidak. Hindari menyimpan barang yang mungkin tidak akan digunakan kembali, meskipun dalam kondisi baru dan terlihat menarik. Nggak mudah memang, tapi coba ingat kembali tujuanmu saat melakukan sortir barang.

6. Membuat Perencanaan saat Berbelanja

Setelah membereskan semua barang yang berserakan, kamu pasti akan membutuhkan pengganti atau keperluan lainnya. Namun bedanya kali ini cobalah untuk mempertimbangkan, dan memikirkan ulang tentang fungsi barang yang akan dibeli. Pikirkan juga kapasitas ruangan yang dimiliki, sehingga nantinya tidak akan memakan ruang, atau membatasi ruang gerak pemilik rumah.

7. Memiliki Perlengkapan yang Lengkap

Untuk membantumu lebih mudah dalam membereskan semua barang, pastikan untuk memiliki perlengkapan seperti sapu, pel, pengki dan peralatan lainnya yang mampu menunjang aktivitas bebersih. Bahkan jika memiliki budget lebih, kamu bisa menggunakan teknologi canggih seperti robot atau vacuum.

Saat membelinya pastikan untuk berhati-hati dalam memilih, serta percayakan pada platform yang terpercaya seperti Ruparupa. Situs belanja online yang memberikan kemudahan untuk setiap penggunanya menemukan apa yang mereka butuhkan.

Selain itu platform ini juga memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi, serta penawaran menarik lainnya yang sayang jika dilewatkan seperti cashback, potongan harga, hingga gratis ongkir. So, tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang dan nikmati keuntungannya! (ADS/01)

Tags : #RumahMungil