Mau Berburu Diskon Saat Ramadan? Cermati Tips Ini

Sejumlah pusat perbelanjaan biasanya memberikan diskon besar-besaran saat menjelang Lebaran. Nah, agar matamu nggak kalap, simak tips berikut ini.

Mau Berburu Diskon Saat Ramadan? Cermati Tips Ini
Diskon Lebaran. (Kumparan/Yuana Fatwalloh)

Inibaru.id – Menjelang Lebaran, sejumlah toko dan pusat perbelanjaan seringkali memberikan diskon yang menggiurkan bagi para pembeli. Nggak hanya secara offline store, situs olshop (online shop) juga berbondong-bondong menawarkan diskon, mulai dari baju, alat ibadah, peralatan rumah tangga, hingga penganan khas Lebaran. Nah, karena diskon tersebut banyak pembeli yang kalap mata.

Eits, meski mendapat diskon yang besar, kamu harus tetap cermat berbelanja, Millens. Jangan sampai keuanganmu terganggu karena tergiur potongan-potongan harga itu. Berikut beberapa tips cermat berburu diskon menjelang Lebaran.

Fokus pada Barang yang Kamu Butuhkan

Membuat daftar barang belanjaan sebelum berburu diskon. (Cermati.com)

Sebelum menuju pusat perbelanjaan, tentukan dulu tujuan barang yang pengin kamu beli. Bila perlu, buatlah daftar barang yang akan kamu beli. Ini menjadi langkah penting supaya kamu fokus dengan barang yang benar-benar kamu butuhkan dan menghindari membeli barang-barang nggak penting yang malah bikin kamu boros.

Pergi Belanja pada Waktu Luang

Belanja saat memiliki waktu luang. (Leadershipexccelencenow.com)

Ada baiknya kamu berbelanja di waktu luang karena belanja saat ada diskon membutuhkan energi ekstra dan waktu yang panjang. Bila waktu yang kamu sediakan untuk berburu diskon cukup, kamu nggak akan terburu-buru memilih barang dan bisa menemukan barang yang benar-benar kamu sukai.

Pilih Barang secara Hati-Hati

Pembeli memilih barang diskonan secara teliti. (Tempo.co)

Kerap kali para pemilik toko mencampurkan barang diskon secara acak di rak belanja. Semua barang ditumpuk menjadi satu sehingga kamu perlu memilih dan memilah mana yang bagus dan cocok untukmu.

Nah, beberapa barang diskon terkadang ada yang reject atau cacat produksi sehingga kamu harus melihat barang yang akan kamu beli dengan saksama. Alih-alih mendapat harga miring, kamu malah mendapat barang yang cacat. Beberapa pusat perbelanjaan ada yang memberikan keterangan bila barang tersebut produk reject, tapi ada juga yang tidak sehingga kamu harus tetap berhati-hati.

Cek Toko Sebelah

Cek toko sebelah untuk menemukan barang yang kamu inginkan. (Bp-guide.id)

Bila kamu sudah menentukan barang yang kamu butuhkan, sebaiknya jangan langsung membeli di tempat yang memberikan diskon besar saja. Ada baiknya kamu juga melihat produk di toko sebelah. Mungkin saja produk di toko lain lebih memikat hatimu dan memberikan diskon yang lebih besar.

Manfaatkan Diskon Tambahan dari Kartu Kredit atau Kartu Pelanggan

Manfaatkan kartu kredit yang dimiliki. (Mag.co.id)

Amalan.com, Jumat (17/6/2016), menulis, kartu kredit memang memberikan biaya tambahan pada transaksi di e-commercetapi kamu bisa memanfaatkan promosi tambahan yang diberikan bank saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Terkadang, bank memberikan diskon tambahan sekitar 5-15 persen di luar diskon yang diberikan situs e-commerce.

Untuk pembelian di offline store, kamu juga bisa menggunakan kartu pelanggan yang kamu miliki. Pusat Perbelanjaan kerap kali mengeluarkan kartu pelanggan dan memberikan diskon lebih bagi pelanggan yang memiliki kartu tersebut.

Hayo, jangan tergiur diskon melulu Millens, ingat keuanganmu juga ya. Selamat berbelanja. (IB07/E04)