Tips Cegah Virus Corona Saat Beli Makanan Online

Tips Cegah Virus Corona Saat Beli Makanan Online
Ilustrasi memesan makanan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Demi mencegah penularan virus corona, pemerintah mengimbau masyarakat untuk di rumah aja. Hal ini membuat banyak orang yang memilih untuk membeli makanan secara online. Berikut adalah tips mencegah Covid-19 saat memesannya.

Inibaru.id - Pandemi virus corona di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Jumlah pasien Covid-19 terus bertambah setiap harinya. Hal tersebut membuat pemerintah semakin membatasi pergerakan masyarakat di luar rumah demi memutus rantai penyebaran virus ini.

Takut dengan virus ini, banyak orang yang akhirnya memilih untuk menggunakan jasa pengiriman daring. Salah satunya adalah membeli makanan lewat aplikasi online. Hal ini tentu akan membuat kita nggak perlu keluar rumah atau bertemu banyak orang. Hanya, memesan makanan juga memiliki risiko tersendiri, lo.

Pengemudi ojek daring yang mengantarkan makanan ke rumah bisa jadi sudah bertemu orang banyak. Selain itu, ada kekhawatiran bahwa kemasan makanan bisa saja sudah terpapar virus. Karena alasan inilah kamu harus lebih cermat saat memesan makanan secara online agar nggak mudah tertular virus corona.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memesan makanan.

Pilih Restoran yang Sudah Memiliki Prosedur Pencegahan Covid-19

Restoran sudah memberlakukan protokol pencegahan Covid-19 bagi pembeli yang membungkus makanan (Flickr/

Jase Curtis)
Restoran sudah memberlakukan protokol pencegahan Covid-19 bagi pembeli yang membungkus makanan (Flickr/ Jase Curtis)

Sebelum memesan makanan, pastikan restoran yang akan kamu pesan sudah memiliki protokol pencegahan Covid-19, ya. Hal ini diharapkan bisa membantu pencegahan penularan virus ini.

Sebagai contoh, pegawai restoran dilarang berkerumun dan menjaga jarak. Pegawai juga diminta untuk sering cuci tangan dan memakai sarung tangan. Pengemudi ojek daring yang mengantarkan makanan juga mendapatkan penanganan khusus seperti disemprot desinfektan.

Kamu bisa mengecek apakah restoran tersebut telah memiliki upaya pencegahan Covid-19 dari akun media sosial atau website mereka, Millens.

Pilihlah Pengiriman Tanpa Kontak Fisik

Pengiriman makanan bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Pengiriman makanan bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Salah satu tindakan pencegahan Covid-19 yang diberlakukan beberapa layanan pesan antar online adalah dengan menawarkan pengiriman tanpa kontak secara langsung.

Kamu bisa meminta kepada kurir ojek online untuk mengantarkan makanan dengan cara meletakkannya di depan pintu atau pagar rumahmu. Pastikan kamu sudah melakukan pembayaran secara cashless atau dalam bentuk non-tunai sebelumnya ya, Millens.

Jika kamu terpaksa harus membayar tunai, sebaiknya masukkan uangmu ke dalam amplop dan letakkan di tempat yang telah kalian sepakati. Uangnya juga harus pas, lo. Setelah itu, kamu bisa memberitahu kurir untuk meletakkan pesananmu di tempat tersebut.

Langsung Buang Kemasannya

Bungkus makanan sebaiknya langsung dibuang (Flickr/andrewrennie)
Bungkus makanan sebaiknya langsung dibuang (Flickr/andrewrennie)

Kalau pesanan makananmu sudah berada di tangan, sebaiknya segera buang kemasan dan pindahkan makanan ke tempat makanmu sendiri, Millens. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari paparan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin saja menempel pada kemasan makanan selama diantar.

Sebelum memindahkan makanan, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dulu ya, Millens. Selain itu, kamu juga nggak boleh lupa mencuci tangan sebelum makan. (Sua/IB24/E07)